Ikuti Kami

Kolaborasi Dagperinkop-UKM, SETC dan BSC Latih Difabel di PLUT Buleleng

Admin bulelengkab | 17 September 2024 | 193 kali

Langkah kolaborasi  Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan UKM (Dagperinkop-UKM) Kabupaten Buleleng bersama Sampoerna Entrepreneurship Training Center (SETC) dan Buleleng Social Community(BSC) dalam membangkitkan gairah hidup sahabat difabel terbilang sukses. Pasalnya hari ini, Selasa, (17/9), remaja difabel Buleleng yang telah lulus SMA atau sederajat  kini tengah mengikuti pelatihan dan pendampingan UMKM barista di Gedung PLUT Buleleng.

Kadis Dagperinkop UKM, Dewa Made Sudiarta mengatakan kegiatan pelatihan barista kali ini merupakan kolaborasi Pemerintah Kabupaten Buleleng bersama SETC dan BSC kepada kaum difabel yang dinilai memiliki kemauan kuat untuk belajar menjadi pelaku barista yang handal dan berdaya saing. “PLUT ini memang menjadi ruang pelatihan dan pendampingan inklusif, disamping pelaku UMKM secara umum kita juga ajak kaum difabel untuk bisa mendapatkan kemampuan dan pengetahuan secara teknis. Kita siapkan secara khusus untuk mereka, (kaum difabel, red)” terangnya.

Pemberian pelatihan secara berkelanjutan kepada kaum difabel itu diharapkan kedepannya mampu mencetak wirausaha atau pelaku usaha. Kadis Dewa Sudiarta menegaskan bahwa tidak hanya masyarakat secara umum saja yang memiliki hak untuk menjadi pelaku usaha, melainkan juga kaum difabel pun mempunyai hak yang sama. Ditambahkan, bersama dengan BSC dan SETC pihaknya tengah menyusun program-program kerjasama berbasis komunitas untuk semua fasilitas yang tersedia di Gedung PLUT Buleleng. “Ke depan kita tetap melakukan sinergitas dengan komunitas-komunitas yang ada untuk meningkatkan skill dan pengetahuannya sehingga nanti siap menjadi pelaku usaha. Setelah pelatihan ini kita lanjut dorong mereka (kaum difabel, red) lagi untuk mengembangkan bisnis,” terang Kadis Dewa Sudiarta.

Di lokasi yang sama, Ketua BSC, Made Eka Tirtayana menyampaikan bahwa pihaknya memfasilitasi adik-adik difabel yang telah lulus setingkat SMA dengan kondisi keterbatasan skill sebanyak 13 orang. Sebelumnya, sejumlah difabel itu diberikan arahan dalam diskusi terkait jenis pelatihan yang lebih banyak menjadi daya tarik. “Berdasarkan keputusan mereka (kaum difabel, red), ada tiga jenis pelatihan yang akan kami garap, yaitu barista, cooking class dan bartender. Jadi tahap awalnya ya hari ini dilakukan pelatihan barista kepada 13 difabel,” terangnya.

Disinggung terkait keberlanjutan, Made Eka mengaku akan memberikan pendampingan dalam bentuk pembinaan sehingga sejumlah kaum difabel tersebut benar-benar siap menjadi pelaku usaha. Sejalan dengan itu, pihaknya juga akan melakukan koordinasi lanjutan kepada pihak SETC terkait dengan pembiayaan usaha, diluar pembiayaan pelatihan. “Dari pihak Sampoerna sudah siap sih untuk membiayai itu, terutama pada fasilitas inkubator tersendiri . Untuk sementara usai pelatihan akan kami programkan untuk magang disini. Disini kan ada cafe, nah nanti adik-adik difabel kita wadahi disitu dulu agar lebih terlatih,” terang Made Eka. (Agst)