Ikuti Kami

Belum Penuhi Kuota Perempuan, Rekrutmen Panwascam Diperpanjang

Admin bulelengkab | 28 September 2022 | 189 kali

Setelah satu minggu dilaksanakan rekrutmen calon anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) di Kabupaten Buleleng yang pendaftarannya ditutup pertanggal 27 September kemarin, tercatat sebanyak 129 pendaftar berasal dari sembilan kecamatan di Buleleng. Namun dari keseluruhan pendaftar yang terjaring ada beberapa kecamatan yang belum terpenuhi kuota 30 % kuota perempuan.


Dikonfirmasi di ruang kerjanya, Rabu, (28/9), atas seijin Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Buleleng, Ni Nyoman Trisna Widyastini selaku Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia, Organisasi,Pendidikan dan Pelatihan Bawaslu Kabupaten Buleleng menerangkan dari proses rekrutmen terjaring sebanyak total peserta perempuan tercatat 38 orang, dan peserta laki-laki tercatat 91 orang. Dari jumlah tersebut sebanyak 4 kecamatan yang masih belum memenuhi kuota 30 % partisipasi peserta perempuan diantaranya Kecamatan Buleleng, Kecamatan Gerokgak, Kecamatan Sawan, dan Kecamatan Seririt sehingga jika keikutsertaan peserta perempuan tersebut belum terpenuhi maka akan dilaksanakan perpanjangan rekrutmen selama lima hari kerja. “Dari segi jumlah, pelamar di 4 kecamatan itu sudah terpenuhi, namun jika dikalkulasikan dari jumlah pendaftar, sebanyak 30 % persen jumlah perempuannya kurang,” ungkapnya.


Lebih lanjut disampaikan Trisna bahwa dimasing-masing kecamatan nantinya akan diisi sebanyak 3 orang, jadi total yang dibutuhkan menjadi 27 orang di Kabupaten Buleleng. Sehingga dari 129 orang pendaftar yang telah melamar akan dijaring kembali melalui proses seleksi berikutnya yaitu seleksi administrasi, tes tertulis (CAT). Selanjutnya dari proses itu, sebanyak 6 peserta dari masing-masing kecamatan yang lolos tes tertulis akan menjalani proses wawancara yang dilaksanakan oleh Bawaslu Kabupaten Buleleng.


Disinggung mengenai tugas Panwascam, Trisna menjelaskan nantinya bersifat Ad hoc yang berarti panitia tersebut direkrut sementara ketika ada hajatan pemilu dengan tanggung jawab mengawasi semua tahapan yang ada dikecamatan seperti daftar pemilih, logistik, kampanye dikecamatan. Dan untuk mempersiapkan kompetensi Panwascam dalam melaksanakan tugasnya setelah dilantik, Bawaslu Buleleng akan memberikan pembekalan yang rencananya akan diadakan selama 2 hari. “Nantinya Panwascam ini akan dibekali juga dengan bimbingan teknis serta rapat koordinasi,” pungkasnya.


Berdasarkan hasil rekapitulasi terakhir, yang mendominasi jumlah pelamar yaitu dari Kecamatan Buleleng sebanyak 27 orang, disusul  oleh Kecamatan Sawan sebanyak 21 orang dan  Kecamatan Tejakula sebanyak 16 orang. Sementara, Kecamatan Sukasada sebanyak 13 orang, Kecamatan Gerokgrak dan Kecamatan Seririt masing – masing 12 orang, Kecamatan Banjar 11 orang, Kecamatan Kubutambahan 10 orang, dan terakhir Kecamatan Busungbiu 7 orang. (Ag)