Pasien Covid-19 yang Sembuh Bertambah Satu Orang, Bus Dishub Buleleng Selalu Siap Jemput PMI

Admin bulelengkab | 22 April 2020 | 156 kali

Kerja keras Tim Medis Covid-19 Buleleng membuahkan hasil, yakni bertambahnya pasien Covid-19 yang sembuh satu orang. Dengan demikian di RS Giri Emas sudah menyembuhkan 5 orang pasien. Namun karena dinamika hasil pemeriksaan ditemukan juga orang terkonfirmasi positif lagi 2 orang sehingga  jumlah pasien positif Covid-19 di Buleleng menjadi 6 orang. Demikian diungkapkan Sekretaris Satuan Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Buleleng, Gede Suyasa melalui jumpa pers online, hari Rabu,22/4.

Pasien positif Covid-19 sebanyak 6 orang itu saat ini dirawat di RS Giri Mas. Dijelaskan penambahan pasien positif dua orang itu dengan kode PDP no.16 dan 17 itu punya riwayat sebagai PMI.

Disampaikan juga salah satu pasien Covid-19 adalah PDP no.3 yang sudah lama dirawat sekitar 1 bulan lebih, namun sampai kini belum bisa dinyatakan sembuh walaupun kondisinya sehat." Hasil swab sudah dua kali negatif dikeluarkan oleh RSUP Sanglah, namun masih diperiksa kembali olrh Balitbangkes Jakarta. Kalau hasil dari Jakarta sudah menyatakan negatif, baru yang bersangkutan boleh pulang.

Hal lain yang diungkap adalah sejumlah 41 orang tenaga medis dari rumah sakit swasta dan 1 tenaga medis Puskesmas kini tengah menjalani karantina mandiri dan akan dirapid tes karena pernah melakukan kontak langsung dengan PDP no.13 yang kini tengah dirawat di RS Giri Mas.

Data lainnya yang diungkap adalah

Jumlah Orang Tanpa Gejala(OTG) 146 orang yang tengah melakukan karantina mandiri, dan 4 orang dikarantina di SPN.

Sedangkan jumlah orang yang dipantau karena melakukan perjalanan ke negara terjankit dan ke daerah transmisi lokal secara kumulatif 2.448 orang. Dari jumlah itu yang sudah selesai masa pantau 1.393 orang. Sisanya 1.055 orang, rinciannya:

Pekerja kapal pesiar 576 orang; TKI lainnya 31 orang; WNA 4 orang; Perjalanan luar negeri 3 orang; perjalanan dari daerah transmisi lokal Indonesia 441 orang.

Suyasa yang juga Sekda Buleleng menambahkan jumlah kamar hotel yang tersebar di seluruh kecamatan di Buleleng yang siap mengkarantina sebanyak 446 kamar. Sedangkan PMI yang akan dijemput hari ini sebanyak 6 orang PMI.

Mengenai sampai kapan PMI Buleleng semuanya pulang, Suyasa mengaku belum tahu. "Tapi bus-bus dari Dishub Buleleng selalu siap menjemput PMI Buleleng," ucapnya.(st-wid-candr-wir-agst)