Ikuti Kami

Sambut Hari Kearsipan Nasional, DAPD Buleleng Selenggarakan Lomba Kearsipan Tingkat Kabupaten

Admin bulelengkab | 08 Mei 2022 | 395 kali

Guna meningkatkan kinerja kearsipan di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng, Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah (DAPD) Kabupaten Buleleng telah menyelenggarakan lomba kearsipan tingkat kabupaten dengan melibatkan peserta dari 10 perangkat daerah dan 9 pemerintah desa (Pemdes). 


Kepala DAPD Buleleng I Ketut Suweca dikonfirmasi pada Jumat, (6/5) mengatakan perlombaan dengan puncak acara pada Hari Kearsipan Nasional pada tanggal 18 Mei 2022 itu diselenggarakan dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya arsip pada penyelenggaraan pemerintahan.


Menurut Suweca, arsip merupakan aspek penting dalam pemerintahan karena arsip merupakan dokumen tertulis sebagai sarana pertanggungjawaban dalam kegiatan pemerintahan. Selain itu, arsip juga kata Suweca dapat bernilai sejarah.


"Oleh karena itu, arsip mestinya dikelola dengan sebaik-baiknya," imbuhnya.


Terkait teknis perlombaan, Suweca menyebutkan terdapat 9 kriteria penilaian yaitu SDM, sarana prasarana, penerapan sistem kearsipan, penataan arsip, pemberkasan arsip aktif, pemberkasan arsip inaktif, temu balik arsip, penyusunan arsip, dan unsur lain.


"Unsur-unsur lainnya misalnya seperti ada nggak slogan yang berisi tentang kearsipan dipasang di ruangan, ada tidak inovasi pendukung kegiatan," sebutnya.

 

Penilaian tersebut kata Suweca telah terselenggara pada 21 Maret s.d 27 April 2022 lalu. Perangkat daerah dan pemdes yang mengikuti lomba sebelumnya telah diberikan pembinaan teknis oleh DAPD Buleleng.


Melalui perlombaan ini, Suweca berharap kompetensi kearsipan pegawai lingkup Pemkab Buleleng dapat meningkat, sehingga pengelolaan kearsipan pada masing-masing instansi tentunya akan semakin baik. (can)