Ikuti Kami

Sekda Buleleng Tutup Peringatan Bulan Bung Karno III di Kabupaten Buleleng

Admin bulelengkab | 30 Juni 2021 | 267 kali

Peringatan Bulan Bung Karno III Tahun 2021 di Kabupaten Buleleng yang bertema "Wana Kerthi, Taru Prana Bhuwana” yang artinya pohon sebagai napas bumi, hari ini secara resmi ditutup oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Buleleng,  Drs. Gede Suyasa, M.Pd bertempat di Gedung Mr. I Gusti Ketut Puja, Ex Pelabuhan Buleleng, Rabu (30/6).

 

Kegiatan Bulan Bung Karno dilaksanakan 1 bulan penuh dari  tgl 1 juni 2021 sampai tgl 30 juni 2021 dilaksanakan serentak di Provinsi Bali dan Kabupaten/kota se-Bali.

 

Dalam peringatan Bulan Bung Karno di Buleleng  diwarnai beberapa kegiatan dari tanggal 10 Mei sampai 10 Juni 2021 yakni Vlog penerapan protokol kesehatan Covid-19 dalam pelaksanaan upacara panca yadnya dengan pesertanya dari Desa Adat. Untuk lomba Vlog UMKM, IKM dan Ekonomi Kreatif Bali Bangkit Mesari, pesertanya dari UMKM, IKM dan Masyarakat Umum. Sedangkan lomba Vlog Pidato Aktualisasi Nilai - Nilai Pancasila dalam Tatanan Pelaksanaan Nangun Sat Kerthi Loka Bali Melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana Menuju Bali Era Baru diikuti peserta dari SMA, SMK, dan Madrasah Aliyah Negeri/Swasta Se - Bali dan lomba Vlog Pengolahan Sampah Berbasis Sumber (Rumah Tangga) dengan peserta dari Desa Adat dan Desa Dinas/Kelurahan yang Melibatkan Krama Istri/PKK dan Yowana.

 

Selain itu, dilaksanakan juga Gerakan Serentak Penanaman Pohon dan Kebersihan Lingkungan sesuai intruksi Gubernur Bali untuk melibatkan Pemerintahan Kabupaten/Kota, Kecamatan, Desa dan Kelurahan.

 

Dalam sambutan Bupati Buleleng, yang dibacakan oleh Sekda Buleleng Bulan Bung Karno merupakan dedikasi, semangat dan inspirasi perjuangan Bung Karno untuk Bangsa Indonesia, laksana keberadaan pohon bagi kehidupan. Bung Karno adalah Proklamator, Pendiri dan Bapak Bangsa Indonesia, sumber inspirasi, semangat dan perjuangan generasi penerus dalam pembangunan bangsa dan negara.

 

Lanjut, pada kesempatan tersebut, Sekda Buleleng Gede Suyasa juga menyerahkan piagam secara langsung kepada Juara III Tingkat Provinsi Bali dalam lomba Vlog UKM dan IKM Bali Bangkit Mesari, yang wakili Yayasan Kaki Kita Sukasada (YKKS). 

 

Sementara itu, Ketua YKKS Buleleng, I Made Aditiasthana menyampaikan yayasan ini sebuah unit usaha yang berfokus pada pengelolaan sampah yang bertujuan untuk membantu masyarakat disabilitas yang kurang mampu dan pemberdayaan manusia. YKKS ini terbentuk pada bulan Maret 2019 lalu. Lanjut, Adit mengatakan dengan adannya lomba Vlog UMKM kreatif dalam peringatan Bulan Bung Karno ini mampu meningkatkan motivasi kami untuk lebih berkreatif dalam mengolah sampah menjadi lebih berguna.

 

Kegiatan ini diikuti oleh sejumlah anggota FKPD Buleleng, para pimpinan OPD Lingkup Pemkab Buleleng serta seluruh Camat se-Kabupaten Buleleng. (dlno)