Ikuti Kami

Kunker Pj. Bupati Buleleng

Admin bulelengkab | 15 November 2023 | 662 kali

Kemajuan percepatan pembangunan di Buleleng bertumpu di desa maka kebijakan penganggaran perlu di reorientasi, tidak lagi semua di kabupaten. 


"Tolong di catat pak Kadis PMD, apabila ada kenaikan strata indeks pembangunan desa dari maju ke mandiri kasih desa itu insentif. Ukurannya, tidak ada stunting, kemiskinan ekstrim, daya beli masyarakat terjaga, indeks pembangunan manusia meningkat,"tegas Pj. Bupati Buleleng dalam arahannya saat kunjungan kerja di Kecamatan Buleleng berlokasi di Desa Penglatan, Rabu,(15/11). 


Lebih lanjut terang Pj. Lihadnyana insentif fiskal kinerja yang diberikan oleh pusat merupakan prestasi Pemkab. Buleleng di dalamnya pemerintah desa sebagai entitas lembaga pemerintahan pendorong kemajuan suatu daerah harus dikembalikan lagi ke desa. 


"Indeks pembangunan manusia (IPM) sebagai embrio sustainable development goals (SDGs) maka unsur kesehatan, pendidikan dan daya beli masyarakat sebagai penilaian kemajuan desa. Itulah yang wajib dilakukan oleh seorang kepala daerah untuk mendorong kemajuan desa,nya" ungkapnya. 


Selain itu tambah Pj. Lihadnyana bahwa menurut BPS pengangguran di Buleleng turun dari 5,2 % menjadi 3,6% karena UMKM Buleleng  kuat. Di Penglatan banyak potensi UMKM seperti dodol, blayag yang menjadi branding tersendiri."Saya bangga Penglatan punya branding secara nasional dodol dan blayagnya. Kita akan fasilitasi UMKM di setiap event agar terus berkembang sebagai fondasi ekonomi," ujarnya. 


Dipengujung, Pj. Bupati dalam kunjungannya mengatakan "mecapatan megagapan" artinya dapat menyapa masyarakat sekaligus dapat membantu masyarakat untuk kesejahteraan. 


"BSU perbulan untuk segera dicairkan hari ini, pelayanan adminduk dari Disdukcapil secara gratis, mengaktifkan BPJS yang tidak aktif,  pelayanan kesehatan," pungkasnya. 


Dalam kunjungannya, Pj. Lihadnyana meninjau pembangunan kantor desa, membagikan sejumlah bantuan berupa uang dan sembako kepada warga disabilitas dan lansia, bantuan uang kepada kelompok peduli lingkungan, mesin penggiling, pupuk organik bersubsidi, bantuan rumah swadaya, sarpras budidaya ikan tawar,  bansos tahap 1 dan paket sembako kepada kader PKK yang tidak mampu.(wd)