Ikuti Kami

Sosialisasi Kebangsaan, Antisipasi Keamanan KTT G20

Admin bulelengkab | 11 November 2022 | 129 kali

Antisipasi Terorisme dalam rangka menyambut dan mensukseskan penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali, 15-16 November 2022,  Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) bersama Densus 88 Mabes Polri mengadakan sosialisasi kebangsaan pencegahan tindak pidana terorisme, Kamis (10/11) di ruang rapat Kantor Camat Buleleng.


Kepala Badan Kesbangpol Buleleng Komang Kappa Tri Aryandon menjelaskan,  pencegahan tindak pidana terorisma dalam rangkaian KTT G20 di Bali bersama Detasemen Khusus (Densus) 88 Mabes Polri bertujuan untuk meningkatkan pemahaman aparatur pemerintah daerah wilayah perkotaan, terkait strategi pencegahan dan penanganan radikalisma dan terorisme. 


Dalam kegiatan tersebut juga ditekankan mengenai antisipasi timbulnya sifat intoleransi, radikalisme hingga aksi terorisme. Selain fokus di lokasi dan sekitarnya, diharapkan juga ikut menerapkan langkah-langkah pencegahan dan pengamanan event KTT G20 di Bali agar masyarakat lebih waspada dan peduli dengan lingkungan sekitar.


Kombes Pol. Ponco Ardani,S.H, M.H selaku Kepala Sub-Direktorat Kontra Ideologi Direktorat Pencegahan Densus 88 Mabes Polri menyampaikan, maksud dan tujuan kegiatan sosialisasi adalah sebagai salah satu bentuk tindakan pencegahan paham kelompok radikal masuk ke Bali melalui Pelabuhan rakyat yang ada di pesisir Buleleng. 


Kombes Ponco menambahkan, pesisir Buleleng memiliki pantai yang panjang dan disekitar pantai masih banyak terdapat nelayan yang memiliki kapal pribadi dan memiliki potensi untuk membantu orang tak dikenal masuk ke Bali. Pantai di Buleleng berbatasan langsung dengan pulau - pulau disekitarnya, sehingga masyarakat harus lebih waspada terhadap orang tak dikenal yang masuk melalui pelabuhan rakyat yang ada di Buleleng.


Tim Densus 88 Mabes Polri mengajak para Camat dan Lurah untuk membantu mensukseskan KTT G20 di Bali, karena mempertaruhkan nama Bangsa Indonesia.


Sosialisasi ini dihadiri oleh Camat Buleleng I Made Dwi Adnyana, S.STP.,M.A.P, Kasat Intel Polres Buleleng AKP I Nyoman Mistanada, S.M, serta Lurah se - Kecamatan Buleleng, Sukasada dan Seririt.