Ikuti Kami

Sinergi Penyelenggara Pemilihan Serentak di Kecamatan Sawan: Mewujudkan Pilkada Sehat dan Bermartabat

Admin bulelengkab | 13 Juli 2024 | 338 kali

Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Sawan, Gede Juliarta,  menginisiasi kegiatan senam sehat dan aksi bersih pantai yang bertemakan "Penyelenggara Sehat Pilkada Bermartabat" yang dilaksanakan secara spontan dan berkolaborasi dengan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Pengawas Pemilu Desa (PKD), dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kecamatan Sawan. 


Mengambil lokus di Pantai Kerobokan, Jumat (12/7), kegiatan ini mencerminkan kolaborasi yang kokoh antara berbagai pihak terkait penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2024, khususnya di wilayah Kecamatan Sawan.


Gede Juliarta menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat sinergi antara berbagai elemen penyelenggara Pilkada Tahun 2024 guna memastikan pelaksanaan Pilkada yang sehat dan bermartabat. Pihaknya menekankan, pentingnya menjaga integritas dan profesionalisme dalam setiap tahapan pemilihan. 


"Penyelenggara yang sehat adalah kunci untuk mewujudkan Pilkada yang bermartabat. Integritas dan profesionalisme harus menjadi landasan utama dalam setiap tindakan kita," ujar Gede Juliarta.


Sementara itu, Ketua PPK Kecamatan Sawan, I Nyoman Hutri Wibawa, menjelaskan latar belakang pemilihan tema kegiatan tersebut. Tema ini diambil dan disepakati bersama antara PPK dan Panwaslu Kecamatan Sawan. Pihaknya berharap seluruh penyelenggara, baik di tingkat kecamatan hingga desa, dapat melaksanakan semua tahapan Pilkada 2024 dengan lancar. "Jasmani yang sehat akan melahirkan pemikiran dan kerja positif, sehingga koordinasi antara penyelenggara dapat berjalan lebih baik untuk mensukseskan Pilkada 2024 dengan lancar, aman, dan sukses," jelasnya.


Menanggapi kondisi calon pemilih dan petugas untuk Pilkada nanti, khususnya generasi muda, I Nyoman Hutri Wibawa menegaskan bahwa sosialisasi terus dilakukan hingga ke tingkat desa. "Kami di tingkat PPK sampai ke desa terus melaksanakan sosialisasi kepada calon pemilih, termasuk generasi muda yang baru berusia 17 tahun. Kami berharap sosialisasi ini dapat meningkatkan kesadaran pemilih terhadap hak pilih mereka dalam menentukan pemimpin yang sesuai dengan harapan masyarakat," tambahnya.


Terkait dengan petugas Pilkada 2024, PPK dan PPS terus mengevaluasi kinerja, khususnya Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS), untuk memastikan integritas dan netralitas sebagai penyelenggara dalam pelaksanaan tahapan Pilkada.


Dengan kegiatan ini, diharapkan sinergi antara berbagai pihak dapat terus terjaga, sehingga pelaksanaan Pilkada 2024 di Kecamatan Sawan dapat berjalan dengan lancar, aman, dan bermartabat, serta mampu menghasilkan pemimpin yang sesuai dengan harapan masyarakat.