Ikuti Kami

Kesbangpol Buleleng Gelar Rapat Persiapan Pengukuhan Paskibraka Tahun 2024

Admin bulelengkab | 08 Agustus 2024 | 155 kali

Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Buleleng, Komang Kappa Tri Aryandono, memimpin rapat persiapan pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Buleleng Tahun 2024. Rapat yang berlangsung di ruang rapat Badan Kesbangpol ini dihadiri oleh seluruh pembina Paskibraka dan panitia perayaan HUT RI ke-79.


Tahun ini, pengukuhan Paskibraka akan menjadi momen istimewa dengan menghadirkan 97 veteran se-Kabupaten Buleleng. Langkah ini bertujuan untuk menghormati jasa para pahlawan dan menanamkan nilai-nilai perjuangan kepada generasi muda. Sebagai bentuk penghargaan, para veteran akan menerima bingkisan usai acara pengukuhan.


"Konsep pengukuhan tahun ini hampir sama dengan tahun sebelumnya, namun dengan penyesuaian terhadap peraturan terbaru. Paskibraka akan dikukuhkan pada tanggal 16 Agustus pukul 16.30 WITA dan dilanjutkan dengan pawai obor. Mereka akan menjadi barisan terdepan dalam pawai ini."ujar Komang Kappa Tri Aryandono.


Proses seleksi Paskibraka tahun ini sangat ketat. Sejak tanggal 24 Juli, para calon Paskibraka telah menjalani pemusatan latihan di Taman Kota Singaraja. "Kami berharap tidak ada calon yang mengundurkan diri selama proses latihan. Mereka tidak hanya dilatih secara fisik, tetapi juga mental dan etika," imbuhnya.


Pemerintah Kabupaten Buleleng memberikan dukungan penuh kepada Paskibraka dengan menyediakan berbagai fasilitas dan insentif, termasuk uang penghargaan. Komang Kappa Tri Aryandono berharap Paskibraka 2024 dapat berjalan lancar dan mencetak generasi muda yang berkarakter.


"Paskibraka tidak hanya bertugas mengibarkan bendera, tetapi juga menjadi duta Pancasila. Mereka adalah agen perubahan yang membawa nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari," pungkasnya. (Mrt)