Hari ini, 27 Ton Beras Dikemas Untuk Dikirim Besok ke Bondalem

Admin bulelengkab | 08 Mei 2020 | 109 kali

Sebanyak 27 ton beras Bulog pada Jumat (8/5) siang ini telah diterima oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng melalui Dinas Sosial (Dinsos) untuk selanjutnya dikirimkan ke Desa Bondalem. Namun, sebelum dikirimkan beras tersebut dikemas terlebih dahulu. Untuk itu, Dinsos bersinergi dengan seluruh OPD di lingkup Pemkab Buleleng untuk turut membantu melakukan pengemasan itu.

Membenarkan hal itu, Kepala Dinas Sosial I Gede Sandhiyasa ditemui di ruang kerjanya pada hari yang sama menjelaskan sinergitas ini sejalan dengan arahan Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Buleleng I Gede Suyasa, yakni bertujuan untuk memudahkan relawan di Desa Bondalem dalam mendistribusikan beras bantuan itu ke masyarakat.

Terkait teknisnya, Sandhiyasa menjelaskan 27 ton beras itu didistribusikan ke 27 OPD untuk dikemas. Setiap OPD ditugasi untuk mengemas 1 ton beras.

Lanjut Sandhiyasa, beras tersebut akan dikemas menjadi 2,4 kg/pak. Jadinya dari 27 ton beras yang telah diterima dari Bulog akan dibagi menjadi kurang lebih sebanyak 11.232 pak.

"Dibagi seperti itu, karena 2,4 kilogram beras itu dapat menjamin kebutuhan beras per orang selama 6 hari" jelas Sandhiyasa

Seluruh beras yang telah dikemas itu kata Sandhyasa akan dikirim ke Desa Bondalem esok harinya (9/5). Setibanya di sana, pembagian beras ke masyarakat akan dilakukan oleh relawan setempat.

Selain untuk mempermudah distribusi, Sandhiyasa menambahkan dengan mengemas beras yang diterima oleh Bulog, pihaknya juga sekaligus memeriksa secara langsung kualitas beras yang diterima, sehingga jika terdapat beras yang tidak layak untuk dibagikan, tentu dapat langsung ditarik sebelum sampai ke masyarakat.

"Pimpinan (masing-masing) OPD nanti bisa melihat, kalau di antara beras yang diberikan sebanyak 1 ton itu ada yang tidak layak, maka akan dikembalikan lagi" imbuhnya

Akhir kata, Sandhiyasa menyampaikan apresiasi kepada seluruh OPD Buleleng untuk turut serta membantu pengemasan beras. Ia berharap dengan ini tidak akan ada kendala lagi terkait distribusi beras bantuan untuk masyarakat Bondalem. (cnd-wir-wid)