Ikuti Kami

DLH Buleleng Gencarkan Prokasih

Admin bulelengkab | 22 April 2022 | 243 kali

Guna menjaga keberlangsungan sungai sesuai dengan fungsi dan peruntukannya dengan harapan sungai dapat terbebas banjir, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Buleleng mengadakan giat gotong royong Program Kali Bersih (Prokasih) di sungai Buwus jalan Pulau Buton gang Ceroring Banyuning Utara, Jumat (22/4).


Kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan Surat Keputusan Bupati Buleleng Nomor: 660/123/HK/2022 tentang Tim Pembina Program Kali Bersih Kabupaten Buleleng tahun 2022 yang salah satu kegiatannya adalah gotong royong kebersihan sungai.


Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Buleleng Gede Melandrat yang ditemui di lokasi gotong royong mengatakan kegiatan kali ini dilakukan dengan pembagian 2 zona yaitu zona pertama bertempat di sebelah utara jembatan gang Ceroring, dan zona kedua bertempat di sebelah selatan jembatan gang Ceroring.


Melandrat menyampaikan kegiatan ini dalam pelaksanaannya ingin memastikan bahwa aliran air sungai tidak terhambat ranting pohon khususnya ranting pohon bambu dan menyasar sampah plastik yang banyak ditemui di sekitar wilayah sungai. Kemudian target yang telah dicapai dalam pelaksanaan gotong royong ini yaitu baru sepanjang 300 meter.


Tidak hanya itu, Kadis yang pernah menjabat sebagai Sekretaris Disperkimta itu juga menjelaskan agenda dari kegiatan pembersihan yang menyasar sungai ini akan dilaksanakan sesuai jadwal yang telah disusun setiap minggunya dengan tahapan - tahapan pelaksanaan.


“Tentu saja dengan pencapaian gotong royong hari ini kita memastikan aliran sungai agar tidak terhambat. dan untuk pelaksanaan selanjutnya agendakan setiap minggu, ” jelasnya.


Lebih jauh, Melandrat menyampaikan bahwa dalam kegiatan ini OPD di pemerintahan Kabupaten Buleleng dengan unsur dari TNI/Polri serta aparat desa dan masyarakat senantiasa bersinergi dalam menjaga lingkungan agar tetap bersih secara berkesinambungan dilakukan.


Di akhir penyampaiannya, Melandrat menghimbau kepada warga Buleleng khususnya warga Banyuning yang berada pada area sekitar sungai agar tetap menjaga kebersihan dan menghimbau warga agar tidak sembarangan membuang sampah ke sungai.(Ang)