Ikuti Kami

HUT Koperasi Tahun Ini Sedot Ratusan Juta Rupiah

Admin bulelengkab | 27 Juli 2022 | 50 kali

Mendulang sukses dari penyelenggarakan perayaan HUT Koperasi ke-75 dengan hasil transaksi mencapai ratusan juta rupiah. Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Buleleng didorong untuk terus berkolaborasi guna semakin meningkatkan geliat ekonomi daerah. Demikian yang diungkapkan oleh Kepala Dinas (Kadis) Disprindagkop Buleleng Dewa Made Sudiarta saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu, (27/7).


Kadis Sudiarta menerangkan kegiatan yang terselenggara pekan lalu selama dua hari itu dapat mendorong koperasi agar tidak anti dengan perubahan, sehingga pelayanan yang diberikan kepada masyarakat lebih modern dan nantinya koperasi dapat meningkatkan kesejahteraan baik anggotanya maupun masyarakat sekitar.


Lebih lanjut dirinya menyampaikan bahwa koperasi tidak lepas dari peran penting UMKM, karena menurutnya koperasi itu memiliki banyak peluang yang dapat dimanfaatkan UMKM. Untuk itu, diharapkan olehnya kedua elemen penting dalam ekonomi kerakyatan tersebut tetap berkolaborasi kedepannya agar berkembang dan maju bersama.


“Tujuan dari kolaborasi ini agar memudahkan UMKM dalam proses produksi dan perluasan akses pemasaran,” ucapnya.


Disinggung mengenai output yang didapat dari kegiatan tersebut, Kadis Sudiarta menyebutkan hasil transaksi yang didapat mencapai 110 juta. Besaran tersebut diperoleh dari pameran produk UMKM, pasar murah yang diadakan dari PD Swatantra dan PD Pasar Argha Nayottama termasuk juga dari distributor-distributor lain. Hal ini juga sebagai tindakan untuk menekan dan mengendalikan inflasi didaerah.


Tidak hanya itu, dalam kegiatan ini dapat memberikan manfaat tersendiri bagi UMKM melalui layanan konseling dalam kepengurusan Nomor Induk Berusaha (NIB) yang merupakan pintu awal dalam menjalankan usaha. Selain itu, terdapat lomba motif endek menyertakan lambang koperasi yang nantinya hasil endek terbaik akan digunakan sebagai seragam anggota koperasi di Buleleng sehingga menggairahkan UMKM khususnya petenun endek di Buleleng.


“Hal ini akan dikurasi lagi agar lebih fungsional pembuatan endeknya, dan kita yakin ini akan lebih menggairahkan UMKM," tandasnya.


Ditambahkanya, dirinya kedepan tetap merancang program – program kolaborasi seperti ini antara Koperasi dan UMKM namun skema pola kegiatannya lebih dikuatkan lagi serta melibatkan SKPD lingkup Kabupaten Buleleng dengan menyertakan lomba – lomba yang mengenalkan koperasi ke khalayak umum melalui motto “Ayo Bangga Berkoperasi”.


“Nantinya kita tetap menanamkan pentingnya mengenalkan koperasi sejak dini dengan mengajak anak - anak untuk mengikuti lomba yang berkaitan dengan koperasi,” pungkasnya. (Ag)