Ikuti Kami

SMPN 4 Singaraja Sabet 2 Gelar Lomba Olimpiade Matematika dan Informatika di Denpasar

Admin bulelengkab | 10 November 2023 | 703 kali

SMPN 4 Singaraja kembali mengukir prestasi tingkat Provinsi dengan berhasil menyabet 2 gelar lomba olimpiade matematika dan informatika yang diselenggarakan oleh SMAN 4 Denpasar pada tanggal 23-24 Oktober 2023 dengan melibatkan 38 SMP sederajat se-Bali.


Kepala SMPN 4 Singaraja Putu Budiastana, S.Pd.,M.Pd., Kamis (9/11) mengungkapkan rasa bangganya atas kerja keras anak didiknya yang sudah berhasil mengukir prestasi tingkat provinsi pada kegiatan Foursma Championship 2023 di Denpasar. Dimana pada ajang ini SMPN 4 Singaraja mengikuti 6 mata pelajaran yang dilombakan, diantaranya matematika, biologi, informatika, fisika, kimia dan ekonomi dengan melibatkan 2 siswa dimasing-masing mata pelajaran yang dilombakan.


Setelah melalui berbagai tahapan hingga tahap final, 2 siswa SMPN 4 Singaraja berhasil menyabet piala utama, yakni atas nama Kadek Ecky Manu Pramana (Kelas VIII) pemenang Foursma Olimpiade Informatika dan Agung Artha Derooney Rusas (Kelas IX) pemenang Foursma Olimpiade Matematika.


"Kami sangat bersyukur ya anak-anak kami mendapatkan prestasi bukan hanya di tingkat kabupaten saja melainkan tingkat provinsi. Semoga ke depannya kami bisa tingkatkan lagi" tegasnya.


Budiastana menerangkan upaya yang dilakukan pihak sekolah sehingga mendapatkan prestasi ini tiada lain dengan memberikan motivasi, pembinaan secara rutin dengan memberikan les tambahan serta kolaborasi dengan orang tua siswa untuk memacu anaknya agar lebih berprestasi. Selain itu juga ada program pembinaan kelompok siswa penggemar mata pelajaran setiap seminggu 3 kali.


Setiap ada lomba baik tingkat kabupaten, provinsi maupun nasional, pihaknya selalu berkoordinasi dengan guru pembinanya untuk menyiapkan anak-anaknya. Biasanya di sekolah diadakan seleksi terlebih dahulu, termasuk juga pembinaan seminggu 3 kali. Bahkan dengan berbangga pula para guru di SMPN4 meluangkan waktunya untuk membina anak-anak diluar jam pelajaran.

 

Selain melakukan pembinaan, pihak sekolah juga memberikan penghargaan berupa reward kepada siswa berprestasi. Meskipun nominalnya tidak begitu besar tapi diharapkan mampu memberikan suntikan dan dorongan kepada siswa untuk lebih giat lagi dalam belajar.


Sementara itu, Kadek Ecky Manu Pramana pemenang Foursma Informatika Olimpiade mengatakan sangat senang dan bangga atas prestasi yang diraihnya tahun ini. Prestasinya ini memurutnya tidak menjadikannya untuk jumawa melainkan sebagai lecutan untuk memenangkan lomba yang lebih bergengsi lagi nantinya.


"Saya sangat bangga atas prestasi ini. Tapi saya tidak boleh senang dan jumawa karena saya ingin memenangkan perlombaan yang lebih lagi nantinya," tegasnya.


Ecky menuturkan dibalik kesuksesannya meraih juara kali ini tiada lain peran dan dukungan pihak sekolah dan keluarga yang senantiasa melakukan pembinaan serta motivasi.


"Saya sangat termotivasi mengikuti lomba ini. Saya giat belajar dirumah maupun disekolah. Astungkara dapat juara. Saya ingin meraih juara lagi dikesempatan selanjutnya," sambungnya.


Senada dengan Ecky, Agung Artha Derooney Rusas (Kelas IX) pemenang Foursma Olympiade Matematika juga mengungkapkan rasa bangga atas keberhasilannya dalam meraih prestasi di tingkat provinsi ini. 


Agung yang memiliki hobi matematika dari kelas 5 SD itu menuturkan bahwa dirinya sempat merasa canggung dalam memgikuti lomba yang turut dihadiri SMp se-Bali itu. "Saya sempat canggung dan gugup, tapi karna sudah mempunyai persiapan yamg matang dan dukungan penuh dari sekolah maupun orangtua, saya bisa melewati itu dan berhasil meraih juara," tutupnya.