Ikuti Kami

Asisten Rousmini Lepas 22 Orang PMI Asal Buleleng Bekerja ke New Zealand

Admin bulelengkab | 28 Februari 2023 | 289 kali

Selain sebagai pahlawan devisa, Pekerja Migran Indonesia (PMI) juga diharapkan sebagai orang-orang yang nantinya melakukan transfer pengetahuan, transfer ilmu dan transfer pengalaman untuk kemajuan Indonesia khususnya Kabupaten Buleleng. 


Hal tersebut disampaikan oleh Pj Bupati Buleleng Ketut Lihadnyana dalam sambutannya yang dibacakan langsung oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Buleleng Ni Made Rousmini saat melepas 22 orang PMI asal Buleleng yang akan bekerja ke New Zealand, bertempat di Lobi Kantor Bupati Buleleng, Selasa, (28/2).


Pihaknya menambahkan budaya kerja sangat menentukan kemajuan suatu negara. Oleh karena itu, inilah pentingnya para PMI ketika kembali ke tanah air, dapat menularkan hal-hal positif yang didapat di luar negeri.


“Para PMI ini pasti nantinya dibekali pengalaman baru dalam menggunakan teknologi maupun budaya kerja di negara lain yang notabene lebih maju dari Indonesia,”jelasnya.


Selain itu, Asisten Rousmini mengucapkan rasa terimakasih dan apresiasi kepada Balai Pelayanan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI) yang telah mengeluarkan Surat Izin perekrutan pekerja Migran Indonesia (SIP2MI) tersebut kepada PT. Dwi Citra Putra Mandiri untuk dapat melakukan perlindungan yang lebih maksimal kepada para PMI.


“Penerbitan surat izin ini menjadi jawaban untuk memastikan negara khususnya Pemkab Buleleng hadir dalam memberikan perlindungan kepada warganya,”terangnya


Sementara itu, salah satu pekerja migran Ketut Arimbawayasa asal Desa Gitgit, Buleleng menjelaskan jika dirinya disana bekerja sebagai petugas pengepakan buah kiwi dengan kontrak kerja selama 6 bulan dengan gaji yang bayarkan sebesar 25 US Dolar yang jam kerjanya 50 jam perminggu.


Disisi lain, pihaknya mengakui jika persiapan sudah dilakukan cukup lama yaitu dari Bulan Desember tahun lalu di bawah kepengurusan Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (PJ TKI) PT. Dwi Citra Putra Mandiri.


Lebih lanjut, dirinya mengucapkan rasa terimakasihnya kepada Pemkab Buleleng melalui Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Buleleng yang sudah selalu membantu segala kepengurusan administrasi dan lainnya, serta bagi Masyarakat Buleleng yang berminat untuk mengikuti program bekerja di New Zealand agar bisa datang langsung ke kantor PT. Dwi Citra Putra Mandiri yang beralamat di Denpasar.


“Saya mengikuti program ini karena sebagai tulang punggung keluarga yang mempunyai motivasi agar memperbaiki ekonomi keluarga lebih baik lagi, dan bisa menjamin kehidupan keluarga kedepannya,”tutupnya. (Ag)