Ikuti Kami

Sinergitas Pemkab. Buleleng dengan ORARI Wujudkan Dukungan Bidang Komunikasi

Admin bulelengkab | 19 Desember 2021 | 96 kali

Orari lokal Buleleng hendaknya terus bersinergi dengan Pemerintah Kab. Buleleng khususnya dibidang komunikasi. Berperan aktif dan tanggap dalam berbagai bentuk penanggulangan situasi kedaruratan maupun bantuan komunikasi. Pesan ini disampaikan Bupati Buleleng yang diwakili Asisten III Setda Buleleng Nyoman Genep saat memberikan sambutan dalam acara Musyawarah Lokal X ORARI Lokal Buleleng yang bertempat di Gedung Wanita Laksmi Graha Singaraja, Minggu, (18/12). 

Lebih lanjut disampaikan Asisten Genep, tahun ini kita dihadapkan dengan bencana erupsi gunung berapi, gempa bumi, tanah longsor dan banjir bandang bahkan hampir 2 tahun pandemi Covid-19 masih  melanda negeri ini. Untuk itu Orari sebagai organisasi amatir radio Indonesia yang berpengetahuan dan terampil dibidang komunikasi radio untuk benar-benar mengabdikan diri demi kepentingan bangsa dan negara khususnya di Kabupaten Buleleng dalam menyukseskan agenda-agenda pemerintah. 

"Dukungan Pemkab. Buleleng kepada Orari Lokal Buleleng akan dipersiapkan tempat untuk Sekretariat Orari Lokal Buleleng di Jalan Tunjung Singaraja yang merupakan aset pemerintah daerah, agar lebih nyaman dan mampu meningkatkan pembangunan dari sisi dukungan sarana informasi kepada pemerintah daerah,"pungkasnya.

Sementara itu Ketua Orari Daerah Bali Ida Bagus Gede Arnawa mengatakan, kepada seluruh anggota Orari untuk mematuhi aturan dari Kementerian Kominfo RI tentang peruntukan frekuensi yang sangat riskan menggangu frekuensi penerbangan termasuk interveren frekuensi negara lain. 

"Balai monitoring spektrum frekuensi atau Balmon akan menertibkan penggunaan frekuensi yang tidak sesuai peruntukan dan tidak akan segan-segan menindak kepada anggota Orari yang melanggar," tegasnya. 

Untuk diketahui anggota Orari di Indonesia sebanyak 60 ribu lebih, di Bali berjumlah 5.726 anggota dan di Buleleng berjumlah 380 anggota. 

Musyawarah Lokal X Orari Lokal Buleleng memiliki tema "Satukan visi untuk meningkatkan karya nyata amatir radio, guna berbakti pada nusa dan bangsa". Selain itu musyawarah lokal X ini mengagendakan pemilihan pengurus baru masa bakti 2021-2024 dan Dewan Pembina Penasehat (DPP) ORARI Lokal Buleleng serta rencana kerja organisasi. 

Adapun hasil pemilihan pengurus baru, Ketua Orari Lokal Buleleng terpilih secara aklamasi adalah Mangku Mertha Yasa, SH, MH- YE9DD dan  Dewan Pengawas dan Penasehat (DPP) terpilih secara aklamasi adalah Ketua Nyoman Whena -YC9BOC, Sekretaris Dra. Ni Made Rum Samiasih - YC9DRU. Anggota Gede Jelantik YC9CM, Sunardi, BSc - YC9EAC, dan Ketut Widiada YC9CUZ. 

Turut hadir dalam kegiatan ini perwakilan Kodim 1609/Buleleng, Kepala ORARI Daerah Bali, Kepala Dinas Kominfosanti Buleleng, unsur pengurus lokal ORARI se-Bali, Plt. Kepala Balai Monitoring Spektrum Frekuensi Radio Kelas I Denpasar, seluruh pengurus dan anggota ORARI Lokal Buleleng,  serta undangan SKPD terkait. (wd).