Ikuti Kami

Hadirkan Fitur Offline Check-In, Aplikasi Pedulilindungi bisa Dilakukan Minim Koneksi

Admin bulelengkab | 14 Januari 2022 | 300 kali

Satgas Covid-19 Buleleng secara intens mengajak masyarakat untuk menggunakan aplikasi PeduliLindungi guna mencegah penyebaran Covid-19 sebagai screening awal pengunjung yang masuk ke fasilitas layanan publik maupun daerah tujuan wisata (DTW). Pihaknya menekankan kepada masyarakat untuk tidak ragu lagi berpergian tanpa kuota, karena aplikasi PeduliLindungi menghadirkan fitur offline check in yang artinya check in dilokasi dengan PeduliLindungi kini bisa dilakukan meski minim koneksi, dengan cara upgrade aplikasi pedulilindungi ke versi terbaru di playstore.. Demikian disampaikan Koordinator Bidang Data dan Informasi Satgas Covid-19 Kabupaten Buleleng, Ketut Suwarmawan saat rilis data perkembangan Covid-19 di Kabupaten Buleleng, Jumat, (14/1).   


Lebih lanjut Suwarmawan mengatakan, Aplikasi PeduliLindungi merupakan aplikasi yang dikembangkan untuk membantu instansi pemerintah terkait dalam melakukan pelacakan untuk menghentikan penyebaran Covid-19. Aplikasi ini mengandalkan partisipasi masyarakat untuk saling membagikan data lokasinya saat bepergian agar penelusuran riwayat kontak dengan penderita COVID-19 dapat dilakukan. Pengguna aplikasi ini juga akan mendapatkan notifikasi jika berada di keramaian atau berada di zona merah, yaitu area atau daerah yang sudah terdata bahwa ada orang yang terinfeksi COVID-19 positif atau ada Pasien Dalam Pengawasan.


Ditambahkan oleh Suwarmawan, Aplikasi PeduliLindungi memberikan informasi terkait keramaian dan zonasi penyebaran COVID-19.  Dari hasil tracing ini akan memudahkan pemerintah untuk mengidentifikasi siapa saja yang perlu mendapat penanganan lebih lanjut agar penghentian penyebaran COVID-19 dapat dilakukan. “Semakin banyak partisipasi masyarakat yang menggunakan aplikasi ini, maka semakin membantu pemerintah dalam melakukan tracing dan tracking.,” ucap Suwarmawan.


Sementara itu, Kadis Suwarmawan menyampaikan secara kumulatif jumlah kasus terkonfirmasi di Kabupaten Buleleng tetap sebanyak 10.462 orang, sembuh 9.923 orang, meninggal 539 orang, dan dalam perawatan nol atau nihil. (mdy)