Ikuti Kami

Dinoland Buleleng, Suguhkan Pengalaman Edukatif Serta Dukung Ekonomi Lokal

Admin bulelengkab | 31 Januari 2024 | 502 kali

Upaya untuk meningkatkan kunjungan ke Daerah Tujuan Wisata (DTW) terus diintensifkan oleh Pemerintah Kabupaten Buleleng melalui Dinas Pariwisata, dengan tujuan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Salah satu strategi menarik yang diterapkan oleh Dinas Pariwisata bekerja sama dengan Funderland adalah penyelenggaraan Dinoland, yang akan berlangsung di Plasa Kuliner Pantai Penimbangan mulai dari tanggal 31 Januari hingga 29 Februari 2024.


I Gede Dodi Sukma Oktiva Askara, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng, Selasa, (30/1), menjelaskan bahwa Funderland, yang sebelumnya telah sukses mengadakan tour di Bali pada liburan Natal dan Tahun Baru, kini memilih Buleleng sebagai lokasi kerjasama, khususnya di Pantai Penimbangan. Tujuan pemilihan ini adalah untuk memberikan hiburan dan menjadi daya tarik baru bagi DTW Pantai Penimbangan, sekaligus mendukung peningkatan daya jual pedagang di Plasa Kuliner setempat dengan jumlah wahana Dinosaurus yang ditawarkan sebanyak 17 ekor.


"Event Dinoland ini akan menjadi angin segar sebagai media hiburan, dengan fokus pada segmen anak-anak di Buleleng, sehingga dapat berperan sebagai sarana edukasi," jelasnya.


Untuk memastikan kelancaran kegiatan Dinoland, pihak penyelenggara akan berkolaborasi dengan berbagai stakeholder, termasuk Dishub, Pemerintah Desa setempat, dan Kepolisian. Hal ini bertujuan agar pelaksanaannya sesuai dengan harapan dan menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif.


Adapun selain miniature dinosaurus yang dapat bergerak, Dinoland juga akan menawarkan berbagai wahana dino kecil, telur dino, photobooth, kemudian ada juga kereta dino, dinosaurus besar setinggi 15 meter termasuk playground dan panggung pembelajaran perosotan, juga ada itu untuk permainan anak-anak. Semua ini dirancang untuk menarik perhatian anak-anak yang berkunjung, sambil memberikan pengalaman edukatif yang menarik.


Berdasarkan informasi, Wahana playground Dinoland ini dibuka mulai pukul 14.00 hingga 22.00 WITA saat hari kerja (weekday) dan pukul 10.30 hingga 22.00 WITA pada akhir pekan (weekend). Adapun Harga Tiket Masuk (HTM) yang di tentukan mulai dari Rp 30.000/orang pada saat hari kerja (weekdays), dan Rp 35.000/orang pada saat akhir pekan (week end), tidak lupa juga khusus balita di bawah 80 cm tidak dipungut biaya alias gratis.


"Dinoland diharapkan memberikan dampak positif pada perekonomian lokal di Buleleng, dan pendapatan dari tiket masuk akan menjadi kontribusi untuk PAD Buleleng,"tutupnya. (Ag)