Ikuti Kami

Diikuti 92 Peserta, KPU Buleleng Gelar Tes Seleksi Badan Adhoc untuk Pilkada 2024

Admin bulelengkab | 07 Mei 2024 | 586 kali

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Buleleng tengah menggelar tes seleksi tertulis menggunakan metode Computer Assisted Test (CAT) untuk merekrut Badan Adhoc dalam rangka Pilkada 2024. Dalam tes yang dilaksanakan didua tempat berbeda ini yakni di SMK N 3 Singaraja dan SMK N 2 Seririt, sebanyak 92 peserta dari berbagai kecamatan ikut serta dalam seleksi kali ini.

Ketua KPU Buleleng, Komang Dudhi Udiyana, menjelaskan bahwa tes ini merupakan tahapan seleksi untuk Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang akan bertugas dalam Pilkada Buleleng. Setelah melewati tes CAT dan wawancara, akan dipilih 5 orang dengan nilai tertinggi dari setiap kecamatan untuk menjadi anggota PPK. 

"Nanti pengumuman hasil seleksi kita akan jadwalkan pada tanggal 12 Mei 2024," sambungnya.

Dudi juga menekankan pentingnya pemahaman tugas dari PPK, yang meliputi pemuktahiran data pemilih dan verifikasi calon peserta Pilkada. Harapannya, calon PPK dapat menjalankan tugas tersebut dengan baik demi kelancaran Pilkada Buleleng mendatang.

Dalam proses seleksi Pegawai Pemilihan Kecamatan (PPK) yang tengah berlangsung, Nyoman Adi Pranarta, salah satu peserta, berbagi pengalamannya. Meski pernah lolos seleksi PPK pada pilkada sebelumnya, Pranarta mengaku masih tegang menghadapi tes hari ini.

"Karena sudah agak lama, jadi saya agak lupa dengan tahapan sekarang," sambungnya. 

Meskipun demikian, dengan jumlah soal sebanyak 75 dan waktu pengerjaan 90 menit, hasilnya tesnyapun langsung keluar saat selesai mengerjakan soal.

Pranarta optimis dapat lolos seperti tahun sebelumnya dan berharap pilkada kali ini berjalan lancar tanpa kendala serta proses pilkada dapat berlangsung dengan baik tanpa masalah yang mengganggu.