Ikuti Kami

Tingkatkan Kemampuan Pembuatan Berita, Dinas Kominfosanti Buleleng Adakan Latihan Jurnalistik

Admin bulelengkab | 22 Februari 2021 | 112 kali

Guna meningkatkan kemampuan ASN dalam pembuatan berita, Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Kominfosanti) Kabupaten Buleleng melalui Bidang Pengelolaan Komunikasi Publik (PKP) mengadakan Pelatihan Jurnalistik yang diikuti 16 ASN Kominfosati Buleleng, di Ruang Lab Kominfosanti Buleleng, Senin, (22/2). Pelatihan itu dibuka secara langsung oleh Kepala Dinas (Kadis) Kominfosanti Buleleng Dr. Drs. I Ketut Suweca, M.Si.

 

Kadis Suweca mengatakan dalam pelatihan ini para ASN akan mendapatkan tambahan pengetahuan tentang dunia jurnalistik. Minimal akan mengetahui seperti apa persyaratan sebuah berita dan bagaimana menjadikan sebuah berita itu bisa dipahami oleh pembaca. "Bagaimana cara membuat berita yang berkualitas dan menarik," ucapnya.

 

Lebih jauh, Suweca menjelaskan dalam dunia jurnalistik, tidak hanya harus memahami pembuatan berita, melainkan memahami cara pengambilan foto yang bagus, pembuatan video, pemanfaatan teknologi dan lain sebagainya. "Itu semua melengkapi seorang jurnalis pemerintahan untuk kedepannya dapat berkarya dengan bagus," jelas Kadis Suweca

 

Ditambahkan Juga, pihaknya berpesan kepada ASN Kominfosanti agar memperhatikan dan memahami dua hal pokok yang mendasar sebagai landasan untuk pengembangan diri dalam pembuatan berita. "Yang pertama, ASN harus belajar teori menulis dalam pembuatan berita, dan yang kedua, ASN itu harus praktek secara konsisten," ujarnya.

 

Lanjut, Kadis Suweca berharap kepada ASN Kominfosanti Buleleng nantinya setelah mendapatkan teori, juga harus mempraktekkan dalam kegiatan penulisan berita, sehingga dengan demikian mereka kedepannya akan menjadi seorang jurnalis yang bisa diandalkan. "Tujuannya setiap kegiatan di masing-masing bidang dibuatkan beritanya yang akan dimuat pada website Kominfosanti maupun Pemkab Buleleng," pungkasnya. (wir)