Ikuti Kami

Update Penanganan PMK di Buleleng : 2000 Vaksin Telah Disalurkan, 5000 Vaksin Menyusul

Admin bulelengkab | 11 Juli 2022 | 309 kali

Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang merebak akhir-akhir ini menjadi perhatian serius Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng. Ribuan dosis vaksin terus didatangkan untuk melindungi hewan ternak sehat dari penyebaran PMK yang lebih luas lagi.

Dikonfirmasi pada Senin, (11/7), Kepala Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Buleleng I Made Sumiarta mengungkapkan, sebanyak 2000 dosis vaksin telah habis disalurkan kepada hewan ternak sehat pada radius 3 sampai 10 kilometer dari wilayah kasus yaitu Desa Lokapaksa dan Desa Pejarakan.

Tidak hanya itu, sebanyak 5000 dosis vaksin juga telah didatangkan dari bantuan pemerintah pusat untuk menggenjot jumlah hewan ternak sehat yang tervaksinasi.

"Total di Buleleng sebanyak 7000 dosis vaksin akan disalurkan kepada hewan ternak," imbuhnya.

Selain vaksinasi, cairan disinfektan juga disalurkan kepada para peternak untuk menjaga kandang dari potensi terpapar PMK. Sebanyak 2000 liter cairan disinfektan disiapkan bersinergi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Buleleng dan Provinsi Bali.

"Selain itu, juga disiapkan bantuan sprayer sebanyak 12 pcs," sambungnya.

Sedangkan untuk hewan ternak yang terpapar, Sumiarta sedang menyiapkan skema pemotongan bersyarat untuk hewan ternak yang terpapar, hal itu dilakukannya sembari menunggu regulasi dari pemerintah pusat terkait kompensasi yang diterima pemilik hewan ternak yang terdampak. (can)