Ikuti Kami

Siap Amankan Nataru, Polres Buleleng Gelar Apel Pasukan Operasi Lilin 2022

Admin bulelengkab | 22 Desember 2022 | 224 kali

Apel gelar pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personel maupun sarana prasarana, dengan harapan pengamanan dapat terselenggara secara optimal dan sinergi sehingga perayaan Natal dan Tahun Baru 2023 mampu berjalan dengan kondusif. Demikian disampaikan Kapolres Buleleng AKBP I Made Dhanurdana  selaku pemimpin upacara Operasi Lilin 2022 yang didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Buleleng Gede Suyasa saat membacakan amanat dari Kapolri di Lapangan Ngurah Rai Taman Kota Singaraja, Kamis (22/12).


Pihaknya juga mengingatkan bahwa laju Covid-19 di Indonesia sudah terkendali, sehingga pemerintah memberikan pelonggaran berbagai aktivitas masyarakat termasuk Nataru dengan menetapkan seluruh wilayah berada pada PPKM Level 1. Oleh Karena itu Polri dengan dukungan TNI, Pemerintah Daerah, mitra Kamtibmas serta stakeholder terkait menggelar Operasi Lilin 2022 selama 11 hari dimulai dari tanggal 23 Desember 2022 sampai dengan 2 Januari 2023.


Pengamanan Nataru terdapat berbagai potensi gangguan yang harus diwaspadai meliputi pada sisi kesehatan agar selalu mengedepankan kewaspadaan terhadap potensi terjadinya lonjakan Covid-19, kemudian dari sisi keamanan pada obyek wisata dan saat perayaan malam tahun baru, sisi kejahatan konvensional, ancaman terorisme, bencana alam dan yang tidak kalah pentingnya adalah terkait pengendalian ketahanan pangan serta BBM untuk selalu dimonitoring ketersediaannya.


Lebih lanjut saat ditemui diakhir kegiatan, AKBP Dhanurdana mengatakan untuk di Kabupaten Buleleng menggelar dua pos pelayanan dan pos pengamanan dengan dibantu sebelas pos pantau yang ada dimasing-masing polsek dengan tugas mengcover keamanan di setiap kegiatan yang ada di Gereja dan DTW di masing-masing kecamatan dengan jumlah personil yang diterjunkan kurang lebih 200 orang.


“Kegiatan yang ada di Gereja kita amankan semua,  tidak hanya itu semua kegiatan ibadah yang dilakukan saat Nataru juga kita atensi semua,” tegasnya.


Disinggung mengenai perayaan malam tahun baru, pihaknya menegaskan tidak ada perayaan kembang api atau mercon terkecuali sudah mengantongi ijin terkait penggunaannya.  Untuk itu diimbau kepada seluruh personel pengamanan untuk menjadikan pengamanan Nataru sebagai sebuah kebanggaan dalam melaksanakan tugas dengan penuh tanggungjawab, professional dan humanis serta memahami tugas maupun fungsinya masing-masing sesuai rencana operasi yang mengedepankan langkah prediktif dan deteksi dini.


“Selamat bertugas, tanamkan dalam diri bahwa apa yang kita lakukan merupakan wujud pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan Negara. Selamat Natal dan Tahun baru 2023,” pungkasnya


Ditempat yang sama saat dikonfirmasi diakhir kegiatan Sekda Suyasa mewakili Pemerintah Daerah Kabupaten Buleleng mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat agar selalu menjaga ketertiban, ketentraman dan tetap bisa menikmati perayaan hari Natal dan Tahun Baru 2023 dalam situasi yang kondusif, penuh kedamaian dan membangun rasa optimisme agar kedepannya  akan lebih baik lagi. (Mdy)