Ikuti Kami

Pererat Kerukunan Beragama, Forkopimcam Gerokgak Gelar Buka Puasa Bersama

Admin bulelengkab | 27 Maret 2023 | 205 kali

Keharmonisan kerukunan beragama di Kabupaten Buleleng merupakan bagian dari ragam kebhinekaan di Indonesia. Sejalan dengan hal tersebut, Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Gerokgak melakukan langkah untuk membuat situasi yang mempererat rasa toleransi antar umat beragama dengan menyelenggarakan kegiatan Buka Puasa Antar Tokoh Islam dan Tokoh Hindu di Aula Kantor Desa Sumberklampok, Kecamatan Gerokgak, Minggu, (26/3).


Kegiatan tersebut bermaksud untuk menciptakan suasana yang aman dan kondusif guna meningkatkan kerukunan antar umat beragama dan harapannya dengan kegiatan ini bisa membuat masyarakat dapat  selalu bersama rukun dan terus bisa saling mengisi dalam membangun Desa Sumberklampok, Kecamatan Gerokgak.


Ditemui usai kegiatan, Camat Gerokgak Ketut Aryawan, S.Stp., M.M menerangkan dengan adanya kegiatan yang positif ini agar menjadi sebuah gambaran bahwa toleransi umat beragama di Kabupaten Buleleng khususnya di Kecamatan Gerokgak tetap terjaga keutuhannya serta akan dilaksanakan secara berkelanjutan dari berbagai elemen keagamaan yang ada di Kecamatan Gerokgak.


Kedepan dirinya berharap perlu adanya peran aktif serta tokoh masyarakat dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat dalam menjaga dan menghormati keyakinan antar umat beragama di Kecamatan Gerokgak pada khususnya, dan Kabupaten Buleleng pada umumnya.


“Terimakasih kepada seluruh tokoh masyarakat yg sudah secara aktif ikut dalam menjaga keamanan dan ketentraman wilayah Gerokgak,”jelasnya.


Sementara itu, Perwakilan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kecamatan Gerokgak Putu Merta mengungkapkan rasa syukurnya atas terselenggaranya kegiatan hari ini yang dapat membangkitkan rasa saling menghormati antar umat beragama di Kabupaten Buleleng.


Dirinyapun menghimbau agar masyarakat tetap bijak dalam menyikapi perbedaan beragama sehingga dapat menumbuhkan rasa kebersamaan dalam lingkungan bernegara dan bermasyarakat.


“Kita semua bersaudara walaupun berbeda dalam keyakinan namun perbedaan itulah yang harusnya membuat kita damai dengan terjalinnya kerukunan,”tutupnya. (Ag)