Ikuti Kami

Tingkatkan Kapasitas Petugas Perpustakaan,DAPD Buleleng Gelar Diklat Selama Lima Hari

Admin bulelengkab | 27 November 2021 | 122 kali

Dalam rangka meningkatkan kapasitas pengelola perpustakaan di satuan pendidikan pada jenjang Sekolah Dasar (SD), Dinas Arsip dan Perpustakaan (DAPD) Kabupaten Buleleng menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan (Diklat) petugas pengelola perpustakaan selama  5 hari dengan jumlah peserta 12 orang dari Gugus 1, 4 dan 8 Korwil Kecamatan Sukasada di gedung SD 3 Sukasada. Demikian diungkapkan Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Dr.Drs. I Ketut Suweca, M.Si usai membuka diklat pada, Jumat,(26/11).


Lebih lanjut Kadis Suweca menjelaskan tujuan dari diklat ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dalam mengelola perpustakaan terutama dalam manajemen perpustakaan, menangani buku, mengklasifikasi buku, pemberian pelayanan dan persiapan usulan akreditasi perpustakaan.


“Mentor atau narasumber dalam diklat tersebut berasal dari pegawai DAPD yang sudah berkompeten dalam bidangnya, baik staf maupun pejabat struktural dan diklat ini dilaksanakan selama 5 hari mulai 26 Nopember sampai dengan 1 Desember 2021,” terang Kadis yang pernah memimpin Dinas Kominfosanti ini.


Ia juga berharap dengan diklat peningkatan kapasitas pengelolaan perpustakaan, para peserta dapat meningkatkan keterampilan dan pengetahuan dasar pustakawan tersebut, sehingga perpustakaan di satuan pendidikan itu semakin maju, menjadi sumber belajar yang nyaman aman, tenang dan menyenangkan bagi warga sekolah. 


“Kami sangat apresiasi inisiatif dari Gugus 4 Sukasada, sehingga ada kesepakatan dalam pelaksanaan diklat ini. Sebelumnya pengelola perpustakaan memohon diklat di kantor DAPD dan kami layani, akan tetapi korwil Sukasada memohon bantuan untuk diklat di Gugus 4 Sukasada, tentunya sangat kami apresiasi dan respon inisiatifnya,” imbuhnya.


Disinggung terkait sasaran diklat kedepannya, Kadis Suweca berharap atas dasar ijin Kadisdikpora Buleleng, Gugus atau Korwil-Korwil kecamatan lainnya dapat berkoordinasi dengan DAPD, sehingga proses percepatan, kemajuan dan pengembangan perpustakaan di level SD semakin ditingkatkan serta pengetahuan dan keterampilan petugas perpustakaan lebih merata. 


Dalam diklat tersebut hadir Korwil Sukasada Sukra Jati, Kepala Sekolah SD 3 Sukasada AA Bintang Marhaeni dan para peserta diklat.(wd).