Ikuti Kami

Tim Pengawasan Pasar Rakyat, Pusat Perbelanjaan dan Toko Modern Lakukan Giat Inspeksi Pencegahan Penularan Covid-19

Admin bulelengkab | 23 Juli 2020 | 109 kali

Upaya Gugus Tugas Covid-19 Buleleng dalam mencegah penularan Covid-19 di pasar rakyat, pusat perbelanjaan  dan toko modern  terus dilakukan. Pembentukan Tim Pengawasan terhadap pasar-pasar, pusat perbelanjaan dan toko modern  dalam penerapan protokol kesehatan Covid-19 pun telah dilakukan. Hal ini diterungkap saat tim pengawasan yang terdiri dari unsur Forkopimda, BPBD Kabupaten Buleleng,Dinas Dagprinkop UKM,Satpol PP, PD. Pasar, Bagian Ekbang, Dinas Perhubungan, Dinas Kominfosanti dan Satgas Pasar serta Majelis Desa Adat Buleleng melakukan inspeksi pengawasan terhadap beberapa pasar dan pusat perbelanjaan di Kecamatan Kota, Kamis (23/7).

Ditemui sebelum pengawasan Kadis Dagprinkop UKM Drs. Dewa Made Sudiarta yang terjun langsung dalam pemantauan mengatakan, sinergitas antar OPD dalam melakukan pengawasan terhadap pasar, pusat perbelanjaan dan toko modern sangat diperlukan agar berjalan dengan baik. Pengawasan ini sudah jelas sesuai dengan pedoman tatanan kehidupan era baru, edaran Gubernur Bali, SK Bupati Buleleng Nomor 360/442/HK/2020  serta kebijakan Gugus Tugas Covid-19 Buleleng.” Inspeksi ini kita lakukan untuk memastikan penerapan protokol kesehatan sudah dilakukan dalam tatanan kehidupan era baru menyangkut sarana dan prasarana PHBS, penguraian dan pengaturan pasar, serta kesadaran penjual dan pembeli dalam protokol kesehatan,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Unit Pasar Banyuasri I Putu Suardana mewakili direksi PD. Pasar Buleleng, melaporkan hal-hal yang sudah dilakukan dalam mencegah penularan Covid-19 adalah dengan membentuk satgas pasar di 14 pasar yang dikelola oleh PD. Pasar yang bertugas mengawasi pergerakan atau lalu lintas pembeli dan pedagang dalam penerapan protokol kesehatan, lalu secara kontinu melakukan himbauan-himbauan tentang protap kesehatan di pasar-pasar, dan penguraian pasar.” Sarana tempat cuci tangan pada pintu masuk pasar dan pengecekan suhu tubuh dengan thermogun sudah kami lakukan,” ungkapnya.

Lebih lanjut Gede Sukaadnyana selaku Kasi Ops Satpol PP Buleleng  mengatakan, Satpol PP setiap hari rutin turun kelapangan melakukan pengawasan dan penertiban serta pembinaan terhadap pedagang di pasar-pasar khususnya di wilayah perkotaan agar kota Buleleng tetap rapi dan mencegah terjadinya penularan Covid-19.” Mudah-mudahan Covid-19 ini segera hilang, sehingga aktivitas dapat dilakukan seperti biasa, “ harapnya.

Untuk diketahui pengawasan di pasar rakyat, pusat perbelanjaan  dan toko modern akan terus dilakukan secara berkala di 9 kecamatan di Buleleng.(wdi-wira)