Ikuti Kami

Pameran Produk Lokal Ramaikan Gebyar Iwapi Buleleng III

Admin bulelengkab | 07 November 2020 | 105 kali

Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (Iwapi) Kabupaten Buleleng pada tahun ini kembali menyelenggarakan program berkelanjutan mereka yakni Gebyar Iwapi Buleleng III. Acara yang bertema “Lovina Move On” itu diselenggarakan di Villa Baba, Lovina pada Sabtu (7/11) selama dua hari, diramaikan dengan pameran produk dari berbagai UKM lokal, talkshow seputar dunia usaha, berbagai lomba, dan kegiatan lainnya.   

Produk-produk lokal yang dipamerkan pada acara itu meliputi berbagai olahan makanan seperti kripik, kue kering, minuman jamu dan kopi. Selain itu, juga dipamerkan sejumlah produk sandang seperti endek, songket serta kerajinan pernak-pernik lainnya. Sedangkan talkshow seputar dunia usaha diisi dengan narasumber yang berasal dari kalangan pengusaha maupun instansi terkait.

Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian, dan Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Disdagperinkopukm) Kabupaten Buleleng Dewa Made Sudiarta hadir mewakili Bupati Buleleng untuk membuka acara. Pada kesempatan itu, Ia mengungkapkan dukungannya kepada kiprah Iwapi Kabupaten Buleleng yang turut andil dalam mendukung kebangkitan UKM lokal di tengah Pandemi Covid-19. Karena menurutnya, pada masa-masa sulit seperti sekarang ini, dukungan dari semua pihak kepada UKM lokal agar mereka segera bangkit sebagai garda terdepan pemulihan ekonomi sangat dibutuhkan.

“Esensinya adalah bagaimana nanti pelaku-pelaku UKM ini punya kesiapan dan daya yang tangguh agar bisa cepat bangkit dalam konteks memulihkan ekonomi sehingga bergerak maju dan bergeliat lagi ekonomi kita,” jelasnya.

Lanjut Sudiarta, melihat kondisi pariwisata di Bali yang sedang menurun akibat masih ditutupnya akses wisatawan mancanegara, Ia mengharapkan UKM Buleleng agar memaksimalkan pemasaran produknya di pasar domestik baik di Buleleng, Bali, maupun dari luar Bali. Karena menurutnya pasar domestik masih memiliki peluang yang cukup menguntungkan. Hal itu terlihat dari liburan cuti bersama beberapa waktu lalu, terdapat peningkatan jumlah wisatawan domestik yang berkunjung ke Bali.

“Liburan kemarin kan sudah ada banyak tamu yang muncul, untuk itu kan tinggal kita tingkatkan saja kesiapan UKM kita,” pungkas Sudiarta.

Sementara itu, Ketua DPC Iwapi Buleleng Ni Luh Putu Gunatri mengaku sangat mengapresiasi dukungan yang diberikan oleh semua pihak sehingga acara ini bisa diselenggarakan dengan baik. Selain itu, Ia optimis UKM binaan Iwapi Buleleng dapat segera bangkit di tengah Pandemi Covid-19, bersinergi dengan Dekranasda Buleleng dan Pemkab Buleleng melalui DisdagperinkopUKM. (can)