Ikuti Kami

Berlanjut, Pemerintah resmi Gulirkan Bantuan Kuota Internet untuk Pelajar dan Guru

Admin bulelengkab | 06 Agustus 2021 | 380 kali

Upaya Pemerintah  Kabupaten Buleleng dalam menunjang kegiatan belajar mengajar di situasi pandemi ini senantiasa dilakukan. Melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), program lanjutan bantuan kuota internet resmi digulirkan. Hal itu disampaikan langsung oleh Sekretaris Disdikpora Buleleng Ida Bagus Gde Surya Bharata, S.Pd,MAP, saat ditemui di ruang kerjanya kemarin, Kamis (5/8).

Lebih lanjut, Surya Bharata menekankan, seluruh peserta didik dan guru yang terdata dalam Dapodik akan mendapatkan bantuan kuota internet. Oleh karena itu, pihaknya menekankan kepada seluruh Kepala Satuan Pendidikan agar melakukan pemutahiran data peserta didik dan guru serta nomor hand phone mereka yang aktif melalui aplikasi dapodik. “Jadi, semua peserta didik dan guru yang sudah terdata dalam dapodik berhak mendapatkan bantuan kuota internet,’’ ucapnya.

Nantinya, setelah pemutakhiran data peserta didik dan guru, Kepala Satuan Pendidikan perlu memastikan kesesuaian data peserta didik dan guru dengan sistem kependudukan dan pencatatan sipil melalui laman vervalpd.data.kemdikbud.go.id untuk peserta didik dan verpalptk.data.kemdikbud.go.id untuk guru. Setelah proses itu, Kepala Satuan Pendidikan mencetak Surat Pertanggung Jawaban Mutlak (SPTJM). 

Disinggung terkait mekanismenya, Sekdis Surya Bharata menyampaikan bahwa program ini murni dari ranah sektor pendidikan. “Akses melalui dapodik kemudian SPTJM akan ditanda tangani oleh Kepala Satuan Pendidikan. "Semua itu sudah di atur dalam laman Kemendikbud dan cut offnya dilaksanakan paling lambat 31 Agustus 2021” jelasnya.

Terkait tentang penerbitan kuota/paket data, Surya Bharata menjelaskan akan dilakukan secara bertahap ataupun serentak setelah data diverifikasi semuanya. “Jadi kita pastikan semua siswa baik itu jenjang TK, SD, SMP maupun guru di Kab. Buleleng mendapatkan bantuan kuota dari pemerintah", tegasnya. (suy)