Ikuti Kami

Fasilitasi Umat Muslim yang Berpuasa, Pemdes Patas Selenggarakan Vaksinasi Covid-19 Malam Hari

Admin bulelengkab | 27 April 2022 | 187 kali

Guna memfasilitasi Umat Muslim yang berhalangan ikut vaksinasi Covid-19 karena berpuasa, Pemerintah Desa (Pemdes) Patas menyelenggarakan vaksinasi Covid-19 pada malam hari seusai waktu berbuka puasa.


Penyelenggaraan vaksinasi yang dilaksanakan bersinergi dengan Puskesmas Gerokgak I itu bertempat di Masjid Al-Muttaqien, Desa Patas, Kecamatan Gerokgak.


Ditemui saat meninjau pelaksanaan vaksinasi pada Selasa, (26/4), Perbekel Desa Patas I Kadek Sara Adnyana mengatakan program ini bertujuan untuk memfasilitasi masyarakat Muslim Desa Patas yang tengah menjalani ibadah puasa agar bisa menjalani vaksinasi.


Selain itu, Adnyana mengatakan program ini juga sejalan dengan upaya meningkatkan capaian vaksinasi Covid-19 di Desa Patas. Karena sesuai arahan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng, masyarakat Desa Patas ditargetkan untuk mencapai 50% vaksinasi.


Program vaksinasi ini pihaknya sosialisasikan semaksimal mungkin dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat di Desa Patas agar masyarakat tahu informasi dan datang untuk vaksinasi


"Tentunya melalui RT dan Kadus sebagai koordinator, selain itu juga melibatkan tokoh-tokoh masyarakat dalam hal ini takmir masjid," jelas Adnyana.


Terkait antusiasme masyarakat, Adnyana mengatakan berdasarkan pengamatan dari 2 kali penyelenggaraan vaksinasi malam hari ini, minat masyarakat untuk vaksin cukup tinggi. Untuk itu, dirinya tidak menutup kemungkinan untuk terus menyelenggarakan vaksinasi malam hari ini hingga akhir bulan puasa.


Sementara itu, Luh Putu Sila Lestari selaku koordinator vaksinasi dari Puskesmas Gerokgak I mengatakan vaksin yang tersedia adalah 12 vial vaksin. Selama dua hari penyelenggaraan, Lestari mengatakan target 100 orang telah tercapai per malamnya.


Guna memastikan pelaksanaan vaksinasi berjalan dengan baik, pihaknya mengerahkan 11 orang tenaga kesehatan. 


"Selain itu, hari ini kami juga bekerjasama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan Celukan Bawang," imbuhnya.


Salah satu masyarakat Desa Patas yang menjalani vaksinasi yaitu Suprapto mengaku cukup terbantu dengan pelaksanaan vaksinasi pada malam hari ini. Selain karena menjalankan ibadah puasa, bagi dirinya yang bekerja dari pagi hingga sore hari, penyelenggaraan vaksinasi malam hari ini menjadi kesempatan baginya untuk memperoleh vaksin.


"Saya belum dapat libur juga, jadi vaksin siang hari kan tidak bisa, sekarang karena malam jadinya bisa," tutupnya. (can)