Ikuti Kami

Tingkatkan Kualitas Pembina Pramuka, Kwarran Sukasada Gelar KMD

Admin bulelengkab | 21 Oktober 2023 | 311 kali

Sebagai upaya meningkatkan kualitas dan kuantitas Pembina Pramuka, Kwartir Ranting Gerakan Pramuka (Kwarran) Sukasada menyelenggarakan kegiatan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) bagi Pembina Pramuka Kabupaten Buleleng Tahun  2023 bertempat di Wantilan Monumen Tri Yudha Sakti Sukasada, Sabtu (20/10).


Kegiatan KMD yang akan diselenggarakan selama 5 hari ke depan ini dirangkaikan dengan pelantikan 80 Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (Kamabigus) dan Pengukuhan Nomor Gugus Depan (Gudep) se-Kwarran  Sukasada yang dikukuhkan oleh Wakil Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Buleleng Bidang Pengabdian Masyarakat dan Penanganan Bencana Alam I Putu Kariaman Putra mewakili Ketua Kwarcab Buleleng.


Putu Kariaman yang juga menjabat selaku Kepala Dinas Sosial Kabupaten Buleleng dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya atas terlaksananya pelantikan dan pengukuhan kembali pengurus gugus depan sebagai titik awal pelaksanaan tugas dari penataan kembali gugus depan yang ada di masing-masing pangkalan satuan pendidikan sesuai dengan surat keputusan Kwartir Nasional Nomor 50 Tahun 2023 tentang petunjuk penyelenggaraan penomoran kwartir dan gugus depan.


"Seperti kita ketahui bahwa gerakan pramuka merupakan bagian yang tak terpisahkan dari sistem pendidikan yang bertujuan menumbuhkan tunas bangsa menjadi generasi muda yang berkepribadian, berwatak dan berbudipekerti luhur serta memiliki kecerdasan serta keterampilan yang tinggi," ujarnya. 


Untuk itu, ditekankan kepada kepala sekolah selaku Kamabigus mampu memahami dan mematuhi amanah Permendikbud Nomor 63 Tahun 2014 bahwa disetiap satuan pendidikan wajib memiliki gugus depan dan memberikan proses pendidikan kepramukaan. 


"Saya harapkan kepada kepala sekolah dapat memberikan perhatian kepada gerakan pramuka. Baik dari sisi pendanaan, sumberdaya pembina, sarana dan prasarana maupun proses pendidikan kepramukaan," sambungnya.


Tak lupa Kariaman menyampaikan selamat kepada peserta KMD untuk nantinya bisa berproses dalam kegiatan pelatihan, iklas bhakti bina bangsa berbudi bawa laksana yang akan dilaksanakan dari tanggal 20-24 Oktober 2023.