Ikuti Kami

Sekda Suyasa Support Peningkatan Kompetensi Pendidikan Magister Pertanian ASN Buleleng

Admin bulelengkab | 15 Juni 2022 | 100 kali

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Buleleng Drs. Gede Suyasa, M.Pd mensupport pegawai Aparatur Sipil Negara lingkup Pemerintah Kabupaten Buleleng dalam meningkatkan kompetensi pendidikan pertaniannya dari Strata I menjadi Magister Pertanian.


Hal itu disampaikan Sekda Suyasa saat ditemui usai membuka Sosialisasi Program Studi Magister Pertanian yang diselenggarakan oleh Fakultas Pertanian Universitas Udayana (Unud) di ruang rapat Unit IV Kantor Bupati Buleleng, Rabu (15/6).


Sekda Suyasa menegaskan, tidak dipungkiri bahwa pertanian merupakan salah satu leading sektor utama di Kabupaten Buleleng. Sehingga mewujudkan leading sektor pertanian agar menimbulkan dampak dan manfaat yang besar kepada daerah , tentunya harus didukung dengan kualitas SDM yang baik tentunya dengan indikator pemahaman pada ilmu pertanian.


"Hari ini Fakultas Pertanian Unud hadir memberikan penawaran pendidikan magister pertanian. Kita beri kesempatan pegawai ASN lingkup Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Buleleng untuk mendengarkan dan kiranya ada yang minat kita akan support melalui ijin belajar," ujarnya.


Mantan Kepala Disdikpora Buleleng ini berharap, melihat antusias peserta hari ini semoga cukup untuk memenuhi satu kelas dalam perkuliahan magister pertanian nantinya.


Sementara itu masih ditempat yang sama, Dekan Fakultas Pertanian Unud Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gede Ustriyana, M.M mengatakan sebagai lembaga pendidikan tingkat perguruan tinggi mempunyai tanggung jawab bagaimana dalam upaya memberi manfaat sebesar-besarnya untuk meningkatkan pendidikan ke strata lebih lanjut khususnya untuk para ASN.


Antusiasme dari  Pemkab Buleleng tentunya dari arahan Sekda Buleleng dalam memberi peluang khususnya para ASN di Kabupaten Buleleng untuk meningkatkan potensi diri lewat kompetensi dibidang ilmu terutama dalam hal ini bidang pertanian.


"Beliau mengingatkan bahwa sektor paling utama di Kabupaten Buleleng adalah sektor pertanian, karena sektor pariwisata merupakan lahan dari Bali Selatan. Oleh karena itu, kami memperkenalkan dan memberi gambaran bagaimana prodi-prodi di Fakultas Pertanian Unud dengan keilmuannya ke depan  bisa meningkatkan kompetensi  dan pembangunan pertanian," ujarnya.


Pihaknya optimisi bisa buka kelas di Buleleng. Pengalaman tahun-tahun sebelumnya pernah buka kelas Buleleng pada magister Agribisnis. Itu terbukti bahwa SDM yang dihasilkan menjadi pemimpin waktu itu.


"Saya yakin dengan antusias seperti ini akan mampu memberikan peningkatan pertumbuhan pada sektor pertanian di Kabupaten Buleleng," tegasnya.


Untuk diketahui, pada sosialisasi ini ada empat prodi yang dipaparkan,  diantaranya Prodi Magister Pertanian Lahan Kering, Bioteknologi, Manajemen Agribisnis dan yang terbaru yaitu Agroteknologi. (Suy)