Ikuti Kami

Sekda Suyasa Harap Regsosek 2022 Kembangkan Data Base Terintegrasi

Admin bulelengkab | 20 September 2022 | 45 kali

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng mengambil langkah serius dalam mewujudkan satu data program perlindungan sosial dan pemberdayaan masyarakat yang bersinergi dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Buleleng sebagai leading sektor dalam pembinaan statistik sektoral. Menindaklanjuti hal itu maka diadakan Rapat Koordinasi Pendataan Awal Registrasi Sosial Ekonomi 2022. Kegiatan yang dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng Gede Suyasa itu mengambil tempat di Hotel Banyualit, Selasa, (20/9).


Kegiatan yang memiliki tujuan menyediakan sistem dan basis data seluruh penduduk yang terdiri atas profil, kondisi sosial, ekonomi, dan tingkat kesejahteraan yang terhubung dengan data induk kependudukan serta basis data lainnya hingga tingkat desa/kelurahan ini menjadi prasyarat utama dalam reformasi perlindungan sosial.


Ditemui usai membuka kegiatan, Sekda Suyasa mengapresiasi kegiatan ini dalam rangka mendukung big data satu data Indonesia dan menjadi harapan semua program kegiatan di lingkup Pemerintah Daerah (Pemda) bersinergi dengan seluruh  stakeholder dengan data yang akurat. Jadi hal tersebut dapat menjadikan suatu program yang menyasar pada kesejahteraan berkaitan dengan pembagian bantuan kepada masyarakat dan memiliki data base yang jelas.


“Oleh karena itu Pemda sangat berkepentingan memiliki big data satu data untuk bisa mendukung program kegiatan tepat sasaran,”jelasnya.


Lebih lanjut Sekda Suyasa menyampaikan dengan perkembangan kehidupan manusia yang dinamis menjadikan data juga mengalami dinamika. Maka untuk bisa mengukur hal itu database harus dimuktahirkan setiap tahun. dan pemda sangat mensupport serta berharap seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Kabupaten Buleleng, para perbekel dan elemen masyarakat mendukung ini dengan memberikan data yang sebaik-baiknya dan akurat.


“Karena semua hal ini akan bermanfaat untuk masa yang akan datang,”pungkasnya.


Pada kesempatan itu juga dirangkaikan dengan penyerahan piagam pengukuhan kepada Desa Lokapaksa, Kecamatan Seririt sebagai Desa Cantik (Cinta Statistik) oleh Sekda Suyasa Kepada Perbekel Desa Lokapaksa Putu Dodik Tryana. (Ag)