Ikuti Kami

TMMD di Giri Emas, Gelar Lomba Pidato Berbahasa Bali

Admin bulelengkab | 19 Oktober 2022 | 207 kali

Bertempat di Gedung Serba Guna Desa Giri Emas, Kec. Sawan. Kab. Buleleng, Rabu (19/10) dilangsungkan kegiatan Lomba Pidato Berbahasa Bali Tingkat TK dan SD dalam rangka TNI Manunggal Membangn Desa (TMMD) ke-115 Tahun 2022 di Desa Giri Emas.

Dalam sambutannya, Danramil 1609-07/Busungbiu Kapt. Inf. I Made Sudiarcana selaku Pawas TMMD ke-115, menyampaikan bahwa program TMMD Kodim 1609/Buleleng tidak hanya melaksanakan kegiatan yang bersifat fisik berupa pelebaran jalan dan rabat beton serta bedah rumah, namun juga kegiatan non fisik berupa lomba pidato berbahasa Bali tingkat TK dan SD. “Kegiatan non fisik juga menjadi bagian penting dari sasaran yang harus dicapai sebagai bagian tolak ukur keberhasilan atau suksesnya program TMMD Kodim 1609/Buleleng,” ucapnya.

Lomba pidato berbahasa Bali tingkat TK dan SD ini merupakan terobosan dalam mengimplementasikan pelestarian bahasa,  aksara dan sastra Bali karena sekolah menjadi salah satu tempat untuk melestarikan keberadaan bahasa, aksara dan sastra Bali.  Selain itu, juga bertujuan untuk mengembangkan bahasa,  aksara dan satra Bali di kalangan anak/siswa sedini mungkin sehingga bahasa Bali tetap ajeg dan metaksu sebagai warisan leluhur kita. 

Tim penilai/dewan juri pada lomba kali ini berasl dari Staf Penyuluh Bahasa Bali dari Dinas Kebudayaan Provinsi Bali, yaitu Gusti Putu Hary Hermawan, Ketut Ayu Arryasih dan Ida Ayu Eka Sinta Oktariyani. Dalam kegiatan lomba ini, dicari 6 juara, masing – masing juara 1, 2 dan 3 serta harapan 1, 2 dan 3. Lomba pidato kali ini turut dihadiri Perbekel Desa Giri Emas Wayan Saputra, guru dan orang tua pendamping siswa.