Daya Gunakan Gedung Baru, DAP Buleleng Tingkatkan Ragam Pelayanan

Admin bulelengkab | 07 Januari 2020 | 85 kali

Sebagai leading sector di bidang pelayanan perpustakaan umum daerah, Dinas Arsip dan Perpustakaan (DAP) Kabupaten Buleleng berkomitmen untuk selalu memberikan pelayanan yang terbaik terhadap masyarakat. Kini komitmen tersebut diwujudkan dengan mendayagunakan gedung layanan perpustakaan yang baru didirikan.

Ditemui di ruang kerjanya pada Senin (6/1), Kepala Dinas DAP Kabupaten Buleleng Ni Made Sukarmini menyebutkan jenis layanan yang diberikan oleh pihaknya antara lain layanan sirkulasi perpustakaan, pembuatan kartu anggota elektronik, dan perpustakaan silang. 

Guna menunjang berbagai layanan tersebut, Kadis Sukarmini menyebutkan pihaknya telah menyediakan berbagai ruangan di gedung layanan perpustakaan, antara lain beberapa ruang perpustakaan yang terbagi berdasarkan umur pengunjung, ruang sirkulasi, ruang media center, dan ruang kegiatan masyarakat. Khusus bagi ruang kegiatan masyarakat, Kadis Sukarmini mengatakan pihaknya akan melengkapi fasilitasnya pada tahun ini.

Sedangkan untuk media center, Kadis Sukarmini menjelaskan media center tersebut berfungsi sebagai wahana pelatihan singkat bagi pengunjung untuk mencari informasi di internet maupun pelatihan pengelolaan perpustakaan berbasis IT bagi pengelola perpustakaan desa.

"Perpustakaan umum yang ada di desa mungkin mau study banding terkait dengan perpustakaan yang nanti bisa dikembangkan nah itu dipandu di sini" jelas Kadis Sukarmini.

Selain berbagai layanan rutin yang telah disebutkan, Kadis Sukarmini mengungkapkan pihaknya kini tengah menyiapkan pojok baca di depan gedung layanan perpustakaan. Pojok baca ini menurut Kadis Sukarmini adalah sebagai fasilitas baca dan pelatihan literasi bagi masyarakat di luar jam kerja gedung layanan perpustakaan. (cnd)