Ikuti Kami

Pemkab Buleleng Agendakan Beberapa Lomba Sambut Bulan Bung Karno

Admin bulelengkab | 01 Juni 2022 | 264 kali

Pemerintah Kabupaten Buleleng melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Buleleng mengagendakan beberapa lomba dalam momentum peringatan hari Bung Karno yang jatuh pada bulan Juni ini.


Ditemui di ruang kerjanya, Selasa (31/5), Kepala Badan Kesbangpol Buleleng Komang Kappa Tri Aryandono mengungkapkan, untuk di Kabupaten Buleleng sendiri telah mengagendakan beberapa kegiatan dan lomba dalam menyambut hari Bung Karno yang mulai dilakukan dari tanggal 2  sampai 30 Juni tahun 2022 ini. 


"Kita sudah rancang beberapa kegiatan, salah satunya adalah pameran produk unggulan daerah, seminar dan diskusi terkait kepemimpinan Bung Karno, lomba mewarnai gambar Bung Karno tingkat SD dan penebaran bibit ikan," jelasnya.


Kaban Kappa menerangkan untuk penebaran bibit ikan dilaksanakan secara serentak di Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Bali pada tanggal 21 Juni yang bertepatan dengan hari wafatnya Bung Karno. Untuk di Kabupaten Buleleng akan di pusatkan di Danau Buyan.


Selain itu ada beberapa kegiatan puncak yang dilokuskan di RTH Bung Karno sebagai ikon Bung Karno di Kabupaten Buleleng, diantara pada tanggal 27 - 28 Juni 2022 akan diadakan lomba fragmentari, tanggal 29 Juni lomba cipta lagu dan yang terakhir acara puncak tanggal 30 Juni. 


"Itu lokusnya hampir semua kegiatan di RTH Bung Karno termasuk pameran produk daerah," sambungnya.


Lebih jauh, mantan Kabag Umum Setda Kabupaten Buleleng ini mengatakan, untuk tahun ini peringatan Hari Bung Karno mengambil tema "Adicita Danu Kerthi”, yang artinya menstanakan air dalam diri refleksi kepemimpinan Bung Karno yang mengandung makna tidak ada kehidupan di dunia tanpa adanya unsur air.


Pihaknya berharap, momentum hari Bung Karno ini tidak hanya jadi seremoni saja tapi harus ada hikmat didalamnya. "Sehingga apa yang menjadi cita-cita Bung Karno sebagai proklamator Republik Indonesia, kita bisa ambil semangat dan nilai-nilai kebangsaannya," tegasnya. (suy)