Ikuti Kami

Wabup Sutjidra Apresiasi Generasi Muda Buleleng Antusias Ikuti Lomba Pesantian

Admin bulelengkab | 16 September 2021 | 207 kali

Gelaran lomba Pesantian yang dilaksanakan RRI Singaraja menarik banyak minat generasi muda Buleleng. Pasalnya, dalam serangkaian HUT RRI ke-76 tahun 2021, peserta lomba meningkat drastis. Melihat antusias para pelajar SMA/SMK mengikuti lomba, Wakil Bupati Buleleng, dr. I Nyoman Sutjidra, Sp.OG memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas upaya pelestarian kesenian budaya Bali itu. 

Wabup Sutjidra menilai, pelaksanaan lomba kesenian tradisional Bali sangat penting dilaksanakan, baik itu di tingkat SD, SMP maupun SMA. Mengingat sekarang ini, generasi muda sebagian besar lebih tertarik mengikuti arus perkembangan industry 4.0. “Kami dari Pemerintah Kabupaten Buleleng ke depannya akan berkolaborasi dengan RRI Singaraja untuk melaksanakan lomba-lomba sejenis. Ini demi melestarikan budaya kita sendiri kepada generasi muda,” ujarnya usai menyerahkan hadiah pemenang lomba di Wantilan RRI Singaraja, Kamis, (16/9).

Langkah sinergitas bersama RRI sangat diharapkan terjalin secara terus menerus oleh Wabup Sutjidra, baik kegiatan serangkaian HUT RRI maupun kegiatan lainnya. Pihaknya meyakini dengan  jangkauan siaran RRI sangat luas di seluruh Indonesia dapat menyentuh seluruh masyarakat Buleleng bahwasannya pelestarian kesenian budaya Bali terus digaungkan.

Sementara itu, Kepala Stasiun RRI Singaraja, Drs. Wardi merasa bahagia atas penyelenggaraan lomba pesantian tingkat SMA/SMK se-Kabupaten Buleleng itu. Peningkatan dratis jumlah peserta dibandingkan tahun lalu itu menandakan bahwa minat generasi muda Buleleng sudah tumbuh untuk turut serta melestarikan seni dan budaya Bali. “Kita semua senang. Kalau bukan kita siapa lagi yang akan melestarikan ini. Kalau tidak sekarang, kapan lagi? Apakah kita harus menunggu punah, kan tidak mungkin,” ujar Wardi.

Menurutnya, generasi muda ini adalah aset bangsa dalam rangka mendobrak industri pariwisata di Bali dan Buleleng pada khususnya. Wardi meyakini dengan sering ditampilkannya seni dan budaya Bali dalam event-event, daya tarik wisatawan akan meningkat. “RRI Singaraja akan terus hadir untuk melestarikan seni dan budaya Buleleng, kita akan bangkitkan itu secara bertahap,” pungkas Wardi. 

Terkait pemenang lomba pesantian, Juara I diraih oleh SMA Negeri 4 Singaraja, Juara II oleh SMA Negeri 3 Singaraja, dan Juara III diraih SMA Bali Mandara. Kemudian Juara Favorit yang di voting melalui chanel youtube RRI diraih SMA Negeri 3 Singaraja. (Agst).