Ikuti Kami

Resmi Dibuka, Festival Desa Selat Harapkan Mampu Rangsang Generasi Muda Lestarikan Seni dan Budaya

Admin bulelengkab | 12 Agustus 2022 | 284 kali

Melalui festival seni dan budaya, diharapkan mampu menggali potensi serta membangkitkan semangat berkesenian dan berbudaya bagi generasi muda di Desa Selat. Hal ini diungkapkan Bupati Buleleng melalui sambutannya yang disampaikan oleh Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng I Nyoman Wisandika saat membuka secara resmi Festival Desa Selat yang mengusung tema "Cilpa Jiwa Pramaning Wana Amerta" (Jiwa Seni Sebagai Nafas Kehidupan) di Gedung Serba Guna Desa Selat Kecamatan Sukasada, Jumat (12/8).


Kadis Wisandika menyampaikan sangat menyambut baik terselenggaranya Festival Desa Selat ini dan sangat mendukung karena dapat memberikan wadah/ruang kepada para seniman untuk mengembangkan kreativitasnya. 


Untuk itu pihaknya juga sangat berterimakasih bahwa kreativitas dalam melestarikan kebudayaan sangatlah penting dilakukan agar mampu menjaga warisan luhur terdahulu sebagai bentuk pelestarian seni dan budaya yang dimiliki. 


Diharapkan dengan adanya festival ini dapat memupuk, memotivasi dan mendorong masyarakat terutama generasi muda dengan kesadarannya untuk ikut merawat dan melestarikan serta menumbuhkembangkan warisan sejarah budaya leluhur dimasa lalu. "Sebagai generasi muda harus paham dan mengerti akan pentingnya pelestarian seni budaya dan sejarah kita," tegasnya 


Sementara itu, saat dikonfirmasi disela kegiatan, Putu Mare selaku kepala Desa Selat menyampaikan festival ini merupakan festival yang pertama kalinya diadakan di Desa Selat yang akan diadakan selama dua hari. Dengan semangat kegotong royongan antar stake holder terkait kegiatan ini mampu terselenggara. Seluruh desa dan kelurahan yang ada di Kecamatan Sukasada juga ikut ambil bagian dalam menyukseskan festival ini.


Semua produk unggulan dari Desa Selat akan ditampilkan, mulai dari kopi, buah-buahan, aneka camilan dan produk kerajinan tangan dari masyarakat. 


Pihaknya berharap dan berkeyakinan kedepan akan kembali mengadakan festival seperti ini, setidaknya dua tahun sekali. Semua ini bertujuan untuk kembali menggairahkan generasi muda Desa Selat untuk bisa berkreativas ke arah yang positif serta selalu melestarikan kebudayaan Desa Selat.


Disisi lain, Putu Ardik selaku ketua panitia dari Festival Desa Selat menyampaikan secara teknis dari kegiatan ini. Selain mempertunjukkan kesenian dan pameran produk unggulan, pada festival ini juga akan dilakukan berbagai macam lomba yaitu lomba ngejuk kucit, ngejuk dolong, tarik tambang dan gerak jalan kocak. Tak kalah menariknya acara hiburan juga akan ditampilkan seperti pawai obor, gong mebarung, musik akustik, zumba dan pencak silat yang akan diikuti oleh seluruh masyarakat Desa Selat.