Ikuti Kami

DAPD Buleleng Bersama Perpusnas RI Adakan Talkshow dan Pelatihan Kepenulisan

Admin bulelengkab | 11 Februari 2022 | 177 kali

Guna meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam menulis di kalangan masyarakat khususnya generasi muda di Kabupaten Buleleng, Pemerintah Kabupaten Buleleng melalui Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah (DAPD) Kabupaten Buleleng bersama Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI menggandeng Duta Baca Indonesia, Pegiat dan Penulis Literasi mengadakan acara Talkshow dan Pelatihan Kepenulisan, di Gedung Wanita Laksmi Graha Singaraja, Jumat, (11/2). 


Dalam kesempatan itu, mewakili Bupati Buleleng, Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Buleleng Nyoman Genep menyampaikan pihaknya sangat mengapresiasi dengan diadakannya talkshow dan pelatihan kepenulisan di Kabupaten Buleleng yang nantinya dapat kembali bangkit kemampuan membaca maupun menulis. 


"Mudah-mudahan, dalam kegiatan ini masyarakat Buleleng, khususnya generasi muda untuk kembali bangkit mengasah kemampuannya dalam membaca dan menulis," ucapnya. 


Lebih lanjut, Nyoman Genep mengatakan melalui tema Membaca Itu Sehat, Menulis Itu Hebat diharapkan Pemerintah Pusat melalui Perpustakaan Nasional RI membantu di daerah Kabupaten Buleleng untuk mulai membangkitkan kemampuan menulis dan membaca yang dapat terpengaruh kepada masyarakat Buleleng, khususnya pada generasi muda. 


Sementara itu, Deny Junaedi Pustakawan Ahli Utama Perpustakaan Nasional RI mengatakan telah melakukan survey dari tahun 2019 sampai 2021 kenaikan kegemaran membaca itu sudah bagus. 


Melihat hal itu, Perpusnas RI memberikan stimulan Dana Alokasi Khusus (DAK) kepada setiap daerah. Selain itu, Perpusnas RI sudah mempunyai Perpusnas Pres untuk penulisan dan penerbitan bagi penulis yang belum bisa diterima. 


Selain itu, pihaknya menyampaikan selain menyasar masyarakat umum, pelatihan ini juga menyasar para ASN, karena para ASN sudah dituntut untuk kembali mengenal bagaimana pentingnya menulis maupun membaca. (Wir)