Ikuti Kami

Pemdes Pacung Gencarkan Pemerataan Digitalisasi Lewat Duta Digital Desa

Admin bulelengkab | 25 September 2024 | 25 kali

Keberadaan fasilitas internet menjadi sangat penting dalam mendukung pembangunan berbasis digital di desa-desa. Berbeda jauh dengan perkotaan, topografi desa di Kabupaten Buleleng yang sebagian besar berbukit menjadi tantangan besar dalam pemerataan pembangunan digitalisasi. Namun demikian, kondisi tersebut tidak menjadi penyurut semangat Perbekel Desa Pacung, Gede Kardiana.


Perbekel Gede Kardiana menerangkan, pihaknya telah melakukan berbagai upaya peningkatan kapasitas jaringan internet di desanya. Fasilitas internet yang dipasang Pemerintah Desa Pacung sepenuhnya gratis untuk masyarakat desa. “Kami sudah memasang internet gratis untuk masyarakat, ada di kantor desa dan juga perpustakaan desa. Saat ini juga kami sedang berupaya memperluas lagi jaringan internet ini ke tempat umum seperti di balai masyarakat atau balai banjar yang belum terjangkau internet,” ujar Perbekel Gede Kardiana pada Selasa,(24/9).


Tidak hanya sekedar memberikan pelayanan internet gratis saja yang dilakukan, Perbekel berpenampilan gaul itu juga memberikan edukasi kepada masyarakat untuk mengakses hal-hal positif di jejaring internet, seperti halnya mengakses website resmi Desa Pacung. Secara tegas disampaikan bahwasanya pengelolaan website desa sudah dilakukan sejak lama dan memuat banyak informasi penting terkait program-program pembangunan desa. “Kami mengelola website desa secara terpusat oleh perangkat desa. Ada banyak informasi di dalamnya, ada program-program desa, bank data dan informasi kegiatan pemerintah desa. Tentunya juga kami melakukan sinergi bersama masyarakat desa agar mereka turut berpartisipasi aktif,” terang Perbekel Gede Kardiana.


Disinggung terkait kualitas sumber daya manusia (SDM) pengelola website desa, Perbekel Gede Kardiana mengaku telah menyediakan perpustakaan desa dan rumah belajar yang tentunya sudah dilengkapi dengan perangkat komputer serta jaringan internet. Tidak hanya itu, pihaknya juga melibatkan duta digital desa untuk memberikan pelatihan berkelanjutan kepada operator pengelola website desa. Berkat pengembangan dan penguatan SDM dalam digitalisasi, pada acara penutupan Buleleng Development Festival lalu, Pemdes Pacung berhasil meraih Juara III dalam lomba pengelolaan website desa yang digelar oleh Dinas Kominfosanti Kabupaten Buleleng. “Raihan Juara III ini menjadi motivasi kami untuk meningkatkan lagi pemerataan pembangunan digitalisasi di Desa Pacung. Kami juga akan terus membentuk kader-kader duta digital desa untuk mendukung penuh program digitalisasi,” ujarnya penuh semangat.


Perbekel Gede Kardiana berharap melalui berbagai upaya yang terus dilakukan secara komitmen dan berkelanjutan, pemerataan pembangunan di bidang infrastruktur, kesehatan dan pendidikan dapat tercapai. Tercapainya tujuan itu tidak lepas juga dari keterlibatan seluruh pihak untuk mendukung dan berpartisipasi aktif. “Kami akan melibatkan semua pihak dan memanfaatkan potensi yang ada di desa. Dukungan dari pemerintah daerah maupun pemerintah pusat juga penting untuk mewujudkan masyarakat yang maju dan sejahtera seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di era digitalisasi,” pungkasnya. (Agst).