Ikuti Kami

Optimalkan Kompetensi Personil, Damkar Buleleng Adakan Pembinaan Aparatur

Admin bulelengkab | 15 Juni 2022 | 139 kali

Pemerintah Kabupaten Buleleng melalui Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) melaksanakan kegiatan pembinaan aparatur pemadam kebakaran. Kegiatan yang berlangsung pada tanggal 15 Juni 2022 ini dilaksanakan di Hotel Banyualit Spa and Resort.


Kegiatan yang diikuti oleh 110 orang peserta dari seluruh aparatur Damkar Kabupaten Buleleng ini dilaksanakan untuk memenuhi optimalisasi pelayanan pemadam kebakaran dan penyelamatan kepada masyarakat tidak hanya dalam memadamkan api, namun juga tindak penyelamatan lain seperti evakuasi hewan liar.


Membuka kegiatan secara resmi, Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng Suyasa melalui sambutannya mengatakan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) dari Dinas Damkar Buleleng bertujuan untuk memberikan pelayanan publik khususnya pada keamanan dan kenyamanan masyarakat.


"Seperti diketahui bahwa Dinas Kebakaran ini memiliki tupoksi bukan hanya menangani pencegahan, pengendalian, termasuk pemadaman kebakaran, bahkan di luar dari itu ikut dalam penanggulangan-penanggulangan bencana alam," jelas Suyasa.


Suyasa pun berharap kegiatan ini dapat dilaksanakan bukan hanya sekali melainkan dapat dilaksanakan setiap tahunnya untuk terus mengoptimalkan pelayanan Dinas Damkar Buleleng kepada publik.


Sejalan dengan Suyasa, melalui laporannya I Made Subur selaku Kepala Dinas (Kadis) Damkar Buleleng juga menyampaikan kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan kualitas pelayanan dan sumber daya manusia mengenai edukasi penyelamatan kebakaran dan evakuasi.


"Adapun tujuan dari kegiatan ini yaitu satu meningkatkan kualitas pelayanan dan akuntabilitas publik, dalam hal menambah edukasi penyelamatan kebakaran serta evakuasi, dua meningkatkan sumber daya manusia aparatur pemadam kebakaran, dalat melakukan pelayanan kepada masyarakat secara maksimal dan profesional dengan hal mengedukasi masyarakat sehingga program GEBRAK (Gerakan Bebas Kebakaran) dapat go public di Buleleng," ujarnya


Turut hadir pada kegiatan itu dari pihak Sekolah Polisi Negara Polda Bali, Badan Observasi Sumber Daya Alam Provinsi Bali, Jakarta Satwa Indonesia, Dinas Damkar Kabupaten Badung dan Kadis Damkar Buleleng untuk memberikan materi terkait penanggulangan kebakaran serta tindak penyelamatan. (put)