Ikuti Kami

Tingkat Kesembuhan Capai Delapan Puluh Delapan Persen, Kasus Konfirmasi Baru Covid-19 Masih Terjadi

Admin bulelengkab | 02 Oktober 2020 | 116 kali

Persentase tingkat kesembuhan pasien Covid-19 di Kabupaten Buleleng tercatat hari ini sebesar 88,45 % persen dengan jumlah yang sembuh sebanyak 5 orang, sehingga akumulasi kesembuhan mencapai 758 orang. Selain dinyatakan sembuh, pasien terkonfirmasi baru Covid-19 mengalami penambahan sebanyak 8 orang, sehingga akumulasi pasien terkonfirmasi sebanyak 857 orang. Demikian diungkapkan oleh Dr. Drs. I Ketut Suweca, M.Si selaku Seksi Humas Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Buleleng melalui rilis pers pada Jumat, (2/10). 

Lebih jauh dipaparkan oleh Ketut Suweca yang juga Kadis Kominfosanti Kabupaten Buleleng, pasien yang dinyatakan sembuh sebanyak 5 orang berasal dari Kecamatan Sukasada, Seririt, Sawan, Banjar dan Kecamatan Buleleng masing-masing 1 orang.” Selain kasus sembuh ada kasus terkonfirmasi baru sebanyak 8 orang berasal dari Kecamatan Buleleng 5 orang, Kecamatan Seririt 2 orang dan Kecamatan Sawan sebanyak 1 orang,” jelasnya.

Sementara itu terang Kadis Suweca, kasus meninggal dunia juga mengalami penambahan sebanyak 1 orang berasal dari Kecamatan Buleleng, sehingga total pasien yang meninggal dunia karena Covid-19 di Kabupaten Buleleng sebanyak 39 orang. Disamping itu pasien yang sedang dirawat di Buleleng sebanyak 58 orang dan dirawat di luar Buleleng sebanyak 2 orang.” Pasien tersebut dirawat di RS. Giri Emas sebanyak 2 , RSUD Buleleng sebanyak 9 orang, RS. Bali Med 1 orang, RS. Karya Dharma Usada sebanyak 2 orang, RS. Kerta Usada sebanyak 9 orang, RS. Shanti Graha sebanyak 3 orang, RS. Parama Sidhi 2 orang, isolasi mandiri sebanyak 30 orang, RSP. Sanglah 1 orang dan RS. PTN Udayana 1 orang,”paparnya.

Kadis Suweca juga menjelaskan, kasus suspek kumulatif di Buleleng mengalami peningkatan secara kumulatif sebanyak 1.038 orang dengan rincian : suspek konfirmasi 472 orang, discarded 474 orang, suspek masih dipantau 51 orang dan probable 41 orang. Selain itu kasus kontak erat kumulatif di Buleleng sebanyak 6.113 orang dengan rincian : kontak erat konfirmasi 260 orang, discarded 5.290, karantina mandiri 346  orang dan kontak erat menjadi suspek sebanyak 217 orang.” Kasus konfirmasi non suspek atau kontak erat sebanyak 125 orang,” tambahnya.

Terkait permohonan surat keterangan aman dari Covid-19 untuk tempat beribadah sampai hari ini total permohonan yang masuk sebanyak 148 permohonan, yang sudah ditandatangani sebanyak 146  permohonan terdiri dari : 81 masjid, 20 gereja, 44 pura dan 1 wihara.” Permohonan yang masih diverifikasi berjumlah 2 permohonan dan permohonan yang sudah ditandatangani namun kembali dievaluasi berjumlah 40 tempat ibadah,” ungkapnya.

Dipenghujung rilis, Kadis Suweca mengajak kepada seluruh masyarakat agar selalu taat menerapkan  protokol kesehatan dalam kehidupan tatanan era baru di tengah pandemi Covid-19.” Penerapan protokol kesehatan wajib diindahkan dan dilaksanakan seperti penggunaan masker saat beraktivitas di luar rumah, selalu cuci tangan pakai sabun di air mengalir, serta menjaga jarak satu dengan yang lain atau physical distancing, hal sederhana tersebut ampuh untuk mencegah penularan Covid-19,” pungkasnya.(wdi).