Ikuti Kami

Pagi ini, Pedagang Bermobil di Jalan Diponegoro Sudah Direlokasi ke Banyuasri

Admin bulelengkab | 03 Juni 2020 | 134 kali

Sejalan dengan kebijakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng untuk merelokasi pedagang bermobil yang berjualan di bahu jalan Diponegoro, Perusahaan Daerah (PD) Pasar Kabupaten Buleleng melalui Unit Pasar Anyar Singaraja melaksanakan sosialisasi dan penertiban pedagang bermobil. Penertiban yang pelaksanaannya bersinergi dengan Dinas Perhubungan dan Polres Buleleng itu dilaksanakan pada Rabu (3/6) pagi.

Terkait itu, Kepala Unit Pasar Anyar Singaraja I Putu Joni Sandiyasa menjelaskan penertiban ini Ia jalankan berdasarkan arahan PD Pasar Buleleng untuk menindaklanjuti hasil rapat koordinasi lintas sektoral bersama Bagian Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah Buleleng, Dinas Perhubungan Buleleng, dan PD Pasar Buleleng yang memutuskan untuk memindahkan pedagang bermobil di jalan Diponegoro ke sebelah timur kolam renang Nirmala Asri, Banyuasri.

Untuk itu, Joni mengatakan pihaknya sudah menindaklanjutinya dengan memberikan sosialisasi terkait penertiban itu melalui surat dan pengeras suara pada hari sebelumnya. Sedangkan pada hari ini pihaknya sudah mulai menertibkan sejak dini hari dibantu oleh Dinas Perhubungan.

"Tadi jam 5 kami sudah melakukan, para pedagang itu sudah tentunya diarahkan ke Banyuasri" imbuh Joni.

Selama melaksanakan operasi penertiban itu, Joni mengklaim para pedagang menuruti penertiban yang dilakukan oleh pihaknya dan sesuai arahan mereka langsung pindah ke tempat berjualan yang sudah disediakan di Banyuasri.

"Mereka menuruti apa yang diarahkan dan apa yang diinstruksikan oleh kami" tutupnya.

Sesuai dengan yang dikatakan olehnya, tampak lalu lintas Jalan Diponegoro lebih lancar dan tidak terdapat hambatan yang berarti. Para pedagang bermobil yang sebelumnya memenuhi bahu jalan pun sudah tidak terlihat.

Penertiban itu ditanggapi positif oleh pengunjung pasar. Salah satunya adalah Gusti Agung Candrawati dari Banjar Jawa. Ia mengaku kini merasa lebih nyaman berbelanja di pasar Anyar karena Ia tidak lagi menemui kemacetan.

"Sudah bagus sih, gak kena macet lagi" ujarnya.

Selain itu, dari pihak pedagang yang berjualan di dalam area Pasar Anyar pun menyambut baik penertiban itu, salah satunya adalah Suprihatin dari Banyuning yang mengaku menjadi lebih nyaman berjualan. Selain itu, diakuinya juga setelah penertiban ini pembeli jadi lebih banyak yang datang ke dalam area pasar.

"Lebih tertib lah, lebih enak jalannya nggak macet, terus pedagang yang di sini (dalam area pasar) jadi lebih rame karena pembeli ke sini' tutupnya. (cnd)