Ikuti Kami

TP-PKK Kabupaten Buleleng Memperkenalkan Keanekaragaman Busana Adat Buleleng di PKB XLIV

Admin bulelengkab | 07 Juli 2024 | 311 kali

Seluruh kabupaten dan kota di Bali unjuk gigi memamerkan pakaian adat khas daerah masing-masing pada Pesona Utsawa Busana Adat yang merupakan rangkaian dari Pesta Kesenian Bali (PKB) XLIV. Kabupaten Buleleng pun menghadirkan ragam busana adat yang memukau. Pada acara yang berlangsung pada Sabtu, (6/7) malam, TP-PKK Kabupaten Buleleng menampilkan beragam busana adat yang khas.


Ni Made Banu Deviati selaku Kepala Bidang Lembaga Kemasyarakatan Desa, Adat, dan Usaha Ekonomi Masyarakat Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Buleleng, mengatakan, kegiatan ini dimanfaatkan sebagai ajang untuk memperkenalkan serta melestarikan busana adat yang kaya akan makna budaya. Adapun busana yang ditampilkan antara lain Ngeraja Singa, baju adat ke pura, baju adat ke kantor, baju Pecalang Tridatu, baju pengantin, menek bajang, dan menek kelih khas dari Padang Bulia.


"Kami berkoordinasi dengan majelis desa adat serta desa-desa tua di Kabupaten Buleleng untuk menampilkan busana-busana adat yang perlu dipertahankan," ujarnya.


Tidak hanya itu, persiapan untuk acara ini dilakukan dengan intensitas latihan selama dua minggu. Model-model yang berpartisipasi merupakan kolaborasi dari Dinas Kebudayaan, sekolah-sekolah modeling, serta kerjasama dengan Puri Agung Buleleng untuk busana adat. Pertenunan Artadharma juga andil dalam busana kerja yang diperagakan.


"Kami berharap ke depannya dapat terus memperkenalkan lebih dalam lagi mengenai busana adat ini, sehingga masyarakat lebih memahami keberagaman budaya yang dimiliki Kabupaten Buleleng," tutup Deviati. (can)