Ikuti Kami

Tracing Kontak Erat Terus Dilakukan, 6 Orang Terkonfirmasi Positif Sudah Ditangani

Admin bulelengkab | 29 Mei 2020 | 72 kali

Tindakan penelusuran atau tracing terhadap kontak erat dari PDP yang terkonfirmasi positif terus dilakukan. Dari tracing itu pihak Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Buleleng sudah menemukan sejumlah orang yang kontak erat dan melakukan swab test kepada mereka. Hasilnya, terdapat 6 orang terkonfirmasi positif dan saat ini sudah ditangani lebih lanjut sebagai Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Demikian diungkapkan oleh Gede Suyasa selaku Sekretaris GTPP Covid-19 Kabupaten Buleleng melalui jumpa pers online pada Jumat (29/5)

Lebih jauh, Suyasa menyebutkan 6 PDP itu merupakan kontak erat dengan PDP 61 maupun PDP lain yang terkait dengan PDP 61. Selain itu menurut Suyasa semuanya masih ada hubungan kekerabatan atau keluarga dengan PDP 61. Meski begitu, tracing akan terus dilakukan untuk mendeteksi jika ada potensi penyebaran di luar itu.

Sementara mengenai PDP 61 sendiri, Suyasa mengungkapkan yang bersangkutan telah dinyatakan sembuh setelah menjalani penanganan selama 6 hari sejak 22 Mei lalu dan sekarang sudah dibolehkan pulang. 

Sedangkan keseluruhan pasien sembuh hari ini, termasuk PDP 61 terdapat 7 orang.

Beralih ke data perkembangan Covid-19 hari ini, Suyasa memaparkan hingga saat ini di Buleleng terdapat 48 orang terakumulasi sembuh. Sedangkan PDP terkonfirmasi positif yang masih dirawat ada 16 orang di Buleleng dan 5 orang sedang dirujuk di Denpasar. Selain itu, terdapat 5 PDP positif yang sejak awal ditangani di Denpasar.

Data lain dipaparkan oleh Suyasa, Orang Dalam Pemantauan (ODP) nihil, Orang Tanpa Gejala (OTG) 163 orang, dan pelaku perjalanan ke wilayah terjangkit yang sedang dipantau saat ini ada 248 orang yang terdiri dari pekerja kapal pesiar 189 orang, TKI lainnya 47 orang, datang dari luar negeri 2 orang, dan datang dari wilayah transmisi lokal di Indonesia 10 orang. (cnd-wir)