Ikuti Kami

Menteri Sandiaga Uno Support Sudaji Raih ADWI 2022

Admin bulelengkab | 19 Agustus 2022 | 478 kali

Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana didampingi Ketua DPRD Kabupaten Buleleng Gede Supriatna menyambut kunjungan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia Sandiaga Salahuddin Uno, di Desa Sudaji dalam rangka nominasi 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 di Wantilan Desa Sudaji, Jumat (19/8).


Acara diawali dengan pemaparan dari Perbekel dan Ketua Pokdarwis Desa Wisata Sudaji terkait daya tarik wisata budaya yang ada di Desa Sudaji yaitu Ngusaba Bukakak yang merupakan symbol wujud syukur yang dicetuskan para petani kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang senantiasa memberikan kesuburan dan hasil panen yang melimpah bagi masyarakat Desa Sudaji. Upacara Ngusaba Bukakak dilakukan secara turun temurun setiap Purnama Sasih Karo.


Selain itu, wisata alamnya yang disebut Gandameru adalah tempat wisata terbaik di Desa Sudaji dikarenakan memiliki tempat yang sangat indah, nyaman dan jauh dari polusi kendaraan. Juga pemandangan bukit yang sangat indah dan beningnya air yang mengalir di sekitar areal persawahan. Di Desa Sudaji juga disediakan Homestay bagi para wisatawan yang ingin beristiharat atau menginap di Desa Sudaji.


Setelah mendengarkan pemaparan terkait daya tarik wisata Desa Sudaji, Menteri Sandiaga Uno berkesempatan mengunjungi beberapa kerajinan tangan, produk unggulan dan buah khas Sudaji serta menyaksikan pagelaran seni Desa Sudaji.


Diakhir kegiatan, dilakukan penanaman pohon nagasari dan penandatanganan prasasti oleh Menteri Sandiaga Uno.


Dipenghujung, Menteri Sandiaga Uno menyampaikan ini merupakan langkah kongkrit dari kementerian untuk mempromosikan destinasi wisata di Kabupaten Buleleng agar menjadi daya tarik dan nantinya saat acara G20 terselenggara akan menjadi tujuan pariwisata dan ekonomi kreatif. Menteri Sandiaga Uno sangat mengapresiasi produk unggulan Desa Sudaji, baik itu wisata alam, kerajinan tangan bahkan buah unggulan dari Desa Sudaji yaitu durian. "Saya sangat tenang,nyaman berada di Sudaji, serasa menyatu dengan alam," tutupnya.