Ikuti Kami

Kegiatan Kohesi Sosial, Siswa Baru SPN Harap Pegang Teguh Pengabdian Masyarakat

Admin bulelengkab | 26 Oktober 2023 | 274 kali

Polisi tidak hanya dituntut untuk menjadi tangguh dalam menegakkan hukum, namun juga mampu berpegang teguh dalam pengabdian serta humanis dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat. Demikian disampaikan Pj. Bupati Buleleng Ketut Lihadnyana, saat memberikan arahan dihadapan puluhan siswa Diktuk Bintara Polri dalam kegiatan kunjungan siswa Diktuk Bintara Polri Gelombang II Tahun Anggaran 2023, di Lobby Kantor Bupati Buleleng, Kamis (26/10).

  

PJ Lihadnyana itu melanjutkan, para siswa Diktuk Bintara Polri yang menjalani kegiatan implementasi kohesi sosial ini dapat menumbuhkan motivasi untuk meningkatkan keterampilan terlatih.


"Kegiatan ini sangat penting bagi siswa untuk langsung terjun kepada masyarakat. Ini merupakan pendidikan yang menggali pengetahuan, serta membangun jaringan interaksi sosial yang menjadi modal besar dalam bertugas nantinya," jelas Pj. Bupati asal Desa Kekeran itu.



Ditambahkan, sinergi pemerintah daerah dengan kepolisian tentu sangat diperlukan dalam mengimplementasikan tugas dan peran masing-masing khususnya dalam menjaga kondusifitas wilayah dan stabilitas daerah. Perwujudan sinergitas Polri dan pemerintah daerah Kabupaten Buleleng selama ini sudah terwujud dengan baik.


Kegiatan implementasi kohesi sosial dalam dunia pendidikan Polri dimaknai sebagai salah satu upaya untuk membangun kepercayaan sosial sehingga menumbuhkan rasa empati kepada lingkungan disekitar sehingga diharapkan dapat menumbuhkan motivasi para siswa  untuk meningkatkan keterampilan terlatih.


Sebagai Kepala Daerah, Lihadnyana menyampaikan bahwasanya Forkopimda memiliki peran yang sangat penting dan strategis dalam membangun pola hubungan yang harmonis antar unsur pimpinan di daerah guna mendukung pelaksanaan program kebijakan prioritas pemerintah, pembangunan nasional, menjamin iklim investasi yang kondusif, memelihara stabilitas politik dan keamanan di daerah dan sinergitas hubungan pusat dan daerah.


"Mari bersama-sama memelihara keamanan dan ketertiban, menegakkan hukum dan memberikan perlindungan serta pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat," ajaknya.


Ke depan sinergi yang sudah terbangun dengan baik ini tentu perlu ditingkatkan mengingat perhelatan pemilu serentak tahun 2024 nanti atau pada tahun politik yang gaungnya mulai terasa merupakan tanggung jawab bersama untuk turut mengawal lancar dan amannya proses pemilu.


Dipenghujung, Lihadnyana berpesan kepada seluruh siswa Diktuk Bintara Polri untuk selalu berpegang teguh dalam pengabdian kepada masyarakat dan wujudkan Presisi Polri

"Jaga nama baik institusi dan jaga nama baik keluarga. Saya ucapkan selamat dan sukses," pungkasnya. (Mdy)