Ikuti Kami

Tingkatkan Eksistensi Pariwisata, Dispar Gelar TM Buleleng Bugar Kreatif Festival

Admin bulelengkab | 04 Agustus 2022 | 97 kali

Upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng dalam menggeliatkan potensi pariwisata terus dilakukan. Langkah eksistensi ini memang telah menjadi komitmen lintas sektoral, salah satunya adalah melalui gelaran event Buleleng Bugar dan Kreatif Festival Road to Buleleng Creative Movement yang rencana akan dilaksanakan pada 13 Agustus 2022.


Hal itu terungkap dalam technical meeting persiapan Buleleng Bugar dan Kreatif Festival yang dipimpin langsung Kepala Dinas Pariwisata Gede Dody Sukma Oktiva Askara di Ruang Rapat Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng, pada Kamis (4/8). 


Kadis Dody menerangkan  kegiatan ini diselenggarakan guna mengembalikan kondisi pariwisata dan ekonomi di Buleleng serta menciptakan pola hidup sehat berkesinambungan dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat. 


Ditemui usai kegiatan technical meeting, seizin Kadispar Buleleng Kepala Bidang Pemasaran Agus Widya Suputra, S.E., M.Si menerangkan bahwa Dinas Pariwisata Buleleng mengajak Komunitas Fitcamp dan Singarun berkolaborasi menyelenggarakan event Color Run ini. Adapun beberapa agenda dalam event ini diantaranya Zumba Party, Lomba Senam Poco-Poco, Expo dan Music for Everyone (MFE), dan Live Talkshow dari Dinas Kominfosanti Buleleng mengenai sosialisasi peralihan TV Analog ke TV Digital. 


Kabid Agus menambahkan event ini sebagai rentetan event dari kegiatan yang lebih besar lagi berkolaborasi dengan komite kreatif Buleleng dan dicanangkan akan diadakan pada bulan Oktober 2022 selama 3 hari yaitu Buleleng Creative Movement wadah generasi muda sebagai ajang kreatifitas. 


"Targetnya agar banyak masyarakat umum dan komunitas yang ada di Buleleng bisa ikut serta meramaikan kegiatan ini,"ucapnya.


Sementara itu, dikesempatan berbeda Yugantari selaku Ketua Panitia pelaksanaan Buleleng Bugar dan Kreatif Festival yang sekaligus perwakilan dari Fitcamp Buleleng menjelaskan bahwa teknis kegiatan dimulai dari Color Run pukul 06.30 Wita dengan Harga Tiket Masuk (HTM) 80 ribu yang disertai dengan kegiatan donor darah dan DJ Perfom, kemudian ada Gate Expo yang di laksanakan pukul 09.00 Wita, selanjutnya Zumba Party pukul 17.00 Wita dengan Harga HTM 35 ribu dan Lomba Senam Poco-Poco pukul 16.00 Wita dengan HTM 50 ribu. Disamping itu, akan ada pengundian doorprize dan puluhan hadiah hiburan lainnya. 


"Kedepan harapannya Pelabuhan Tua Buleleng dapat dijadikan tempat berkumpul baru bagi masyarakat Buleleng dan mampu meningkatkan penghasilan dari UMKM disekitar Pelabuhan Tua Buleleng," harapnya. 


Lebih lanjut, wanita yang akrab disapa Yuga ini menjelaskan jalur yang akan dilalui sejauh kurang lebih 2,5 km start dari gate timur pelabuhan tua menuju jalan Hasanudin, selanjutnya menuju jalan Gajah Mada, kemudian menuju jalan Letkol Wisnu, dan munuju jalan Ngurah Rai sampai jalan Diponegoro hingga kembali menuju gate timur. Selain itu, disampaikan juga bahwa target dari peserta yang mengikuti kegiatan ini yaitu Color Run sebanyak 400 peserta, Zumba Party 350 peserta, dan Poco-Poco sebanyak 50 peserta. 


"Tentunya saya sangat senang kegiatan seperti ini dilaksanakan setelah 2 tahun diterpa pandemi, dan semoga masyarakat Buleleng bisa ikut serta meramaikan kegiatan ini," pungkasnya. (Ag)