Ikuti Kami

Setelah 2 Tahun Vakum, Undiksha Run Kembali Digelar Meriah

Admin bulelengkab | 18 September 2022 | 52 kali

Guna mengolahragakan masyarakat demi menjaga kesehatan masyarakat Buleleng, banyak institusi memprogramkan kegiatan di bidang olahraga, salah satunya  perguruan tinggi Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) melalui Fakultas Olahraga dan Kesehatan (FOK) dengan menyelenggarakan Undiksha Run yang mengundang peserta dari seluruh Bali, bertempat di Lapangan Tengah Undiksha, Minggu (18/9).


Kegiatan yang mengusung tema “Bangkit Kuat dan Maju Bersama Demi FOK Undiksha yang lebih unggul” itu dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Olahraga dan Kesehatan I Ketut Budaya Astra S. Pd., M.Or, dengan mengambil rute yang dimulai dari lapangan sepak bola kampus tengah - jalan Udayana - jalan Sudirman - jalan Pahlawan - jalan Veteran Pasar Buleleng - jalan Gajah Mada - jalan Letkol Wisnu - jalan Ngurah Rai - jalan Udayana - kembali ke Undiksha dengan jarak yang ditempuh sejauh 5 km terdiri dari 2 kategori umum dan pelajar dengan memperebutkan total hadiah Rp 8,5 juta.


Ditemui usai kegiatan pelepasan peserta Undiksha Run, I Kadek Happy Kardiawan S.Pd, M.Pd. selaku Wakil Dekan 3 Fakultas Olahraga dan Kesehatan Undiksha menerangkan bahwa Kegiatan tahunan Undiksha Run hari ini merupakan serangkaian dari perayaan Hari Ulang Tahun FOK yang memfasilitasi pelari dari seluruh Bali dan khususnya Kabupaten Buleleng dengan harapan dapat memberikan kebugaran jasmani bagi pelari, serta sebagai ajang untuk persiapan Porprov karena disini mereka bisa mengukur waktunya ketika nantinya turun langsung pada ajang yang resmi Porprov 2022. “Dengan mengolahragakan masyarakat melalui berlari yang secara tidak langsung peserta dapat menyalurkan hobinya dan sekaligus meningkatkan kebugaran jasmani,”terang Happy.


Disinggung terkait target peserta yang mengikuti kegiatan ini, Happy menyebutkan karena kegiatan kali ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan pertama kali setelah 2 kali vakum karena pandemi, pihaknya menyebutkan membatasi peserta yang ikut dengan menyesuaikan dengan keadaan demi kebaikan bersama dan akan menjadi evaluasi untuk kegiatan kedepannya agar lebih baik lagi. “Tidak seperti kegiatan tahun sebelumnya dengan pesertanya yang membludak, kali ini kita batasi dengan menyesuaikan keadaan,”tegasnya.


Ditempat yang sama, Ketua Panitia Kegiatan Kadek Jefri Dwi Sumarjono menjelaskan rintangan yang dihadapi dalam mempersiapkan kegiatan yang sudah dilakukan sebulan sebelumnya dengan mencoba dari awal lagi menggunakan sistem dan program kegiatan yang baru dan tentunya hal tersebut tidak luput dari adanya kekurangan namun hal itu tidak menjadi penghalang bagi panitia untuk berjuang menyelenggarakan kegiatan sampai hari ini. “Tentunya kita mengucapkan banyak terimakasih kepada banyak pihak yang bekerja sama dalam hal ini sponsor dan media partner yang terlibat,”tandasnya.


Dipenghujung Jefri berharap kegiatan Undiksha Run ini sesuai dengan tujuan kegiatan yaitu sebagai wadah bagi atlet-atlet yang ingin mempersiapkan untuk mengikuti Porprov dapat terlaksana secara berkelanjutan pada tahun berikutnya sehingga mendapat hasil yang maksimal. “Apa yang menjadi kekurangan pada tahun ini agar dapat diperbaiki pada tahun berikutnya,”harapnya.


Dikesempatan berbeda salah satu peserta yang meraih posisi pertama pada kategori umum Abram Mofat mengapresiasi kegiatan yang sangat bagus ini dan mendukung  untuk kedepanya agar terlaksana kembali. Pelari asal Gianyar tersebut menerangkan rasa lelah yang dirasakannya setelah melakukan latihan selama satu bulan terbayar dengan hasil yang membanggakan pada hari ini. “Saya sangat senang dengan kegiatan hari ini dan semoga tahun depan dapat dilaksanakan lagi,”tutupnya. (Ag)