Ikuti Kami

Komitmen Tekan Kemiskinan Ekstrem, Lihadnyana Kembali Serahkan Bantuan Perbaikan RTLH

Admin bulelengkab | 18 Oktober 2023 | 212 kali

Mengucap syukur dan rasa sukacita yang dirasakan oleh Komang Srinatha sekeluarga yang kesehariannya bekerja sebagai buruh harian ini setelah secara resmi menerima bantuan perbaikan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dari program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan (TJSLP), Rabu (18/10) di Banjar Dinas Kuwum Desa Ringdikit Kecamatan Seririt.


Dalam kesempatan ini, Penjabat (Pj) Bupati Buleleng Ketut Lihadnyana didampingi langsung oleh Dandim 1609 Buleleng, Perwakilan dari Polres Buleleng dan Dirut Perumda Air Minum Tirta Hita Buleleng menyerahkan secara resmi simbolis kunci dan bangunan kepada salah satu warga Desa Ringdikit sebagai bentuk program TJSLP Pemkab. Buleleng yang bekerja sama dengan Perumda Air Minum Tirta Hita Buleleng yang pengerjaan melibatkan TNI melalui Karya Bakti Kodim 1609/Buleleng.


Program TJSLP Perbaikan RTLH ini merupakan salah satu upaya Pemerintah Kabupaten Buleleng untuk menekan kemiskinan ekstrem di wilayah Kabupaten Buleleng. Kolaborasi yang erat antara Pemerintah Kabupaten Buleleng, Perumda Air Minum Tirta Hita Buleleng, TNI, dan masyarakat setempat telah membawa perubahan signifikan dalam kondisi hunian warga Desa Ringdikit.


Saat ditemui disela kegiatan, Lihadnyana menyampaikan dengan pola kolaborasi antara pemerintah daerah, dunia usaha dan TNI diharapkan dapat menekan laju kemiskinan yang ada di Buleleng karena ini bukan hanya tanggungjawab pemerintah melainkan tanggungjawab bersama untuk menuntaskan permasalahan ini. Selain itu, dirinya juga menginstruksikan kepada seluruh jajarannya agar seluruh bantuan yang diberikan cepat dan tepat sasaran serta fasilitasi kebutuhan masyarakat dengan baik.


Pemerintah Kabupaten Buleleng akan senantiasa terus mendorong kesejahteraan masyarakat dalam berbagai sektor yang ada, termasuk nantinya juga akan dibangun infrastruktur jalan mengingat Kabupaten Buleleng merupakan Kabupaten yang terluas di Bali. 


Disisi lain, Lihadnyana juga berpesan kepada masyarakat di situasi iklim panas seperti sekarang ini, agar masyarakat bisa lebih berhati-hati karena sudah banyak musibah kebakaran yang terjadi di berbagai wilayah. "Astungkara Buleleng masih baik baik saja," tutup Lihadnyana.


Dilokasi yang sama, Dandim 1609/Buleleng Letkol Kav Angga Nurdyana, S.Sos., M.I.P. menyampaikan terhitung hari ini pengerjaan perbaikan RTLH yang pengerjaannya sudah rampung 100% sudah  menyentuh Angka 9 unit yang tersebar diberbagai wilayah di Buleleng.


Dengan sisa waktu yang sedikit, Letkol Angga Optimis target penyelesaiannya akan selesai di Akhir Tahun 2023 dengan berbagai macam kendala yang dihadapi pihaknya akan memetakan dan menambah kembali personilnya. "Kami akan tambah personil untuk diterjunkan dalam membantu proses pengerjaan perbaikan RTLH, terutama di wilayah yang akses jalannya jauh atau kurang baik untuk pengiriman bahan material bangunan sehingga pembangunan cepat selesai sesuai yang diharapkan," pungkasnya. (Mdy)