Ikuti Kami

Bentuk Mental Anak Menjadi Percaya Diri, Pemkab Buleleng Gelar Lomba Paduan Suara Tingkat Paud

Admin bulelengkab | 13 Juni 2024 | 328 kali

Sebagai wujud untuk membentuk mental anak agar menjadi lebih percaya diri, kompak dan mempersiapkan generasi yang smart, berkarakter serta selalu menumbuh kembangkan bakat dan potensi yang dimiliki anak sesuai yang tertuang dalam kurikulum merdeka, Pemerintah Kabupaten Buleleng melalui Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Buleleng menggelar lomba paduan suara tingkat PAUD se-Kabupaten Buleleng dalam rangka memperingati Bulan Bung Karno ke-VI Tahun 2024 di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Taman Bung Karno (TBK), Kamis, (13/6).


Dalam sambutannya, Penjabat (Pj) Bupati Buleleng yang diwakili Kepala Disdikpora Kabupaten Buleleng, Made Astika mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk mewujudkan perkembangan anak dalam tatanan penyelenggaraan proses evaluasi dan pembelajaran yang telah dilaksanakan dengan melalui ajang pembinaan minat, bakat, dan kreatifitas pada anak usia dini. 


"Lomba paduan suara tingkat PAUD pertama kali kita laksanakan di Buleleng. Maka kegiatan seperti yang dilaksanakan pada hari ini sangat penting dan bermanfaat dilakukan untuk mengetahui sejauh mana penyelenggaran proses pembelajaran yang telah dilaksanakan pada satuan pendidikan," ucapnya. 


Pj Bupati menyampaikan dalam setiap ajang perlombaan akan senantiasa ditegakkan sportivitas oleh seluruh komponen baik peserta, pendamping, panitia, maupun dewan juri semuanya akan menjunjung tinggi sportivitas. Untuk itu, bagi peserta yang meraih kemenangan, menjadikan kemenangan ini sebagai langkah awal membangun kepribadian dan jadikan pemacu untuk meraih kemenangan diberbagai event perlombaan lainnya.


"Bagi anak-anakku yang belum berhasil, hendaknya tetap bersemangat dan terus belajar, dengan belajar kalian akan menjadi pintar dan cerdas serta memiliki kepribadian, yang nantinya akan mampu membawa nama harum bagi orang tua, keluarga, bangsa dan negara," ujarnya.


Pada kesempatan ini juga pihaknya berharap melalui kegiatan dengan serangkaian momentum Bulan Bung Karno, para tenaga pendidik, orang tua serta masyarakat secara bersama-sama dan masif mengenalkan kepada anak-anak tentang sosok tokoh Ir. Soekarno yang merupakan Bapak Proklamator Presiden Pertama Republik Indonesia serta pencetus konsep Pancasila sebagai dasar negara Indonesia.


Sementara itu, Ketua Panitia yang dibacakan Plt. Kabid Pembinaan PAUD dan PNF, Putu Pasek Sujendra menyampaikan, kegiatan lomba paduan suara tingkat PAUD se-Kabupaten Buleleng mengambil tema mengenang jasa pahlawan Proklamator Bung Karno yang diikuti 18 peserta. Dimana, masing-masing kecamatan mengirimkan 2 duta atau perwakilan. "Lomba ini melibatkan 198 orang, dimana satu kelompok terdiri dari 11 orang, diantaranya 5 orang laki-laki dan 5 orang perempuan serta 1 orang sebagai dirihen," jelasnya.


Adapun hadiah yang diperebutkan, Juara I,II, III, harapan I,II dan III masing-masing mendapat berupa trophy, piagam serta uang pembinaan. "Untuk juara I mendapat uang pembinaan sebesar 1.750.000,-, juara II sebesar 1.500.000,-, juara III sebesar 1.250.000,-, harapan I sebesar 1.000.000,-, harapan II sebesar 750.000,- serta 500.000,- untuk harapan III," tutupnya. (Wir)