Ikuti Kami

Sambut Pemilukada 2024, KPU Buleleng Lantik Pantarlih Serentak Se-Kabupaten Buleleng

Admin bulelengkab | 24 Juni 2024 | 172 kali

Buleleng bersiap menyambut Pemilihan Kepala Daerah (Pemilukada) Bupati dan Wakil Bupati 2024. Hal tersebut ditandai dengan penunjukan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) yang di lantik dan dibekali Bimbingan Teknis (Bimtek) pada Senin, (24/6) dilaksanakan Pelantikan serentak anggota Pantarlih se-Kabupaten Buleleng.


Beberapa kelurahan dan desa yang melaksanakan pelantikan diantaranya berada di Kecamatan Buleleng yaitu Kelurahan Kendran dan Paket Agung melaksanakan pelantikan diikuti oleh 15 orang Pantarlih di Kantor Kelurahan Kendran yang dipimpin oleh Ketua Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kelurahan Kendran Made Pasek Yasa.


Ditemui usai kegiatan, Pasek Yasa mengungkapkan bahwa Pantarlih ini bertugas melakukan pemutakhiran data atau pencocokan dan penelitian (Coklit) pemilih dengan memastikan semua pemilih yang berhak terdata dengan benar dan tidak ada daftar pemilih ganda.


"Pantarlih adalah petugas pemuktahiran data untuk pemilih, mereka akan mengolah data dari Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan  (DP4) menjadi daftar pemilih sementara."jelasnya.


Adapun beberapa hal yang akan spesifik di data seperti pemilih baru seperti anggota TNI/Polri pensiun dan pemilih yang baru berusia 17 tahun. Selain itu, Pantarlih perlu mendorong pemilih baru untuk segera mendapatkan EKTP dan memastikan pemilih pensiunan TNI/Polri menunjukkan SK pensiunnya.


"Kami harapkan masyarakat juga jujur dalam memberikan informasi kepada Pantarlih, Mari kita bersama-sama sukseskan Pemilukada 2024 dengan data pemilih yang akurat dan terpercaya."harapnya.


Sementara itu, salah satu peserta Pantarlih Kadek Dila Sintya Pratiwi mengungkapkan rasa bangga bisa dilantik hari ini dan bersiap akan tantangan kedepan dalam pemuktahiran data pemilih.


Sebelumnya juga Dila pernah memiliki pengalaman menjadi Pantarlih dan hal tersebut menjadi bekalnya nanti untuk bisa memberikan yang terbaik untuk pelaksanaan Pemilukada di Buleleng.


" Saya astungkara siap ya, dan semoga teman pantarlih lain juga bisa melaksanakan tugasnya dengan baik,"tutupnya. (Ag)