Ikuti Kami

Antisipasi Dini Gejala DB di Musim Hujan, Kelurahan Paket Agung Lakukan Fooging

Admin bulelengkab | 18 November 2021 | 136 kali

Guna mengantisipasi dini terjadinya gejala Demam Berdarah (DB) pada musim penghujan, Pemerintah Kabupaten Buleleng bergerak cepat dengan melakukan fooging di lingkungan masyarakat. 


Dalam kesempatan itu, saat ditemui disela-sela kegiatan, Kamis, (18/11), Lurah Paket Agung Ketut Nuragia mengatakan pelaksanaan fooging ini merupakan langkah awal untuk mengantisipasi terjangkitnya DB di Kabupaten Buleleng. 


"Kami bersama relawan di Kelurahan Paket Agung hari ini melakukan fooging dengan menyasar RT 1,2, dan 4. Nantinya supaya masyarakat kami tidak ada yang terkena DB," ucapnya. 


Lebih lanjut, Nuragia menyampaikan pelaksanaan fooging ini nantinya dilaksanakan secara berkelanjutan dengan menyasar rumah warga dan sekolah yang ada di Kelurahan Paket Agung. "Kegiatan ini kami lakukan setiap pagi dan sore hari dalam 1 minggu sekali," ujarnya. 


Selain dengan melakukan fooging, dalam mengantisipasi DB ini, dirinya menghimbau kepada masyarakat agar tetap menjaga kebersihan lingkungan seperti menguras tempat penampungan air, menutup tempat penampungan air, dan mengubur barang bekas supaya nantinya dapat mencegah bertelurnya nyamuk DB. 


Dengan demikian, dirinya berharap dengan kesadaran masyarakat dalam membersihkan lingkungan, kedepannya masyarakat yang ada di Kelurahan Paket Agung tidak ada yang terkena DB. 


Ditempat yang sama, Made Wibawa salah satu warga Kelurahan Paket Agung mengatakan dengan adanya kegiatan fogging yang dilakukan hari ini sangat bagus, dikarenakan ini dapat menjaga dan mengatisipasi berkembangnya jentik-jentik DB. Dimana dalam perubahan musim sekarang dari musim kemarau ke musim hujan jelas disana akan tumbuh jentik-jentik nyamuk demam berdarah. 


"Mudah-mudahan Pemerintah Kabupaten Buleleng secara rutin melaksanakan kegiatan seperti ini, sehingga kedepannya kami di lingkungan masyarakat khususnya masyarakat Kelurahan Paket Agung tidak terjangkit DB pada musim hujan," harapnya.


Selain pelaksanaan fooging, Pemkab Buleleng melalui Dinas Kominfosanti melakukan sosialisasi melalui siaran keliling di Kelurahan Paket Agung terkait dengan pentingnya menjaga kebersihan pada musim hujan sekarang ini agar nantinya dapat mencegah terjadinya DB. (Wir)